Advertorial

Dinas KPTPH Lampung Gelar Bimtek 240 Penyuluh Pertanian untuk Memaksimalkan E-KPB

Pemprov Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Elektronik

Bayu Saputra
Dinas KPTPH Provinsi Lampung menggelar bimtek aplikasi E-KPB bagi 240 penyuluh dan petugas Dinas KPTPH Kabupaten dan kota se Lampung di Hotel Horison, Rabu (25/1/2023 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Pemprov Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Elektronik Kartu Petani Berjaya (E-KPB) bagi 240 orang.

Peserta bimtek tersebut diantaranya dari penyuluh pertanian hingga petugas tim information technology (IT) Dinas KPTPH Kabupaten dan Kota se Lampung.

Suharmoko, tim IT operation E-KPB Dinas KPTPH Provinsi Lampung mengatakan, pihaknya menggelar bimtek bagi ratusan peserta ini dengan harapan para penyuluh dan petugas bisa menjelaskan kepada petani tentang hingga penggunaan E-KPB tersebut.

Penyuluh di daerah ke depannya bisa mengaplikasikan tujuan dari aplikasi E-KPB tersebut.

"Sehingga para petani bisa menjadi jembatan bagi para petani mendapatkan segala kebutuhannya untuk menunjang kegiatan pertanian," kata Tim IT operation E-KPB Dinas KPTPH Provinsi Lampung Suharmoko saat diwawancarai Tribun Lampung, Rabu (25/1/2023).

Suharmoko mengatakan, aplikasi ini sudah ada pembaharuannha, kalau tahun 2022 masih alamat website aplikasi.kartupetaniberjaya.com.

Ia mengatakan, pihaknya tahun 2023 ini telah mengganti alamat website yang harus dikunjungi para petani yakni di https://e-kpb.lampungprov.go.id.

"Layanan aplikasi ini sudah banyak dari aplikasi sebelumnya, diharapkan kepada petani bisa masuk ke laman tersebut dengan bimbingan dari penyuluh," kata Suharmoko.

Ia mengatakan, dalam aplikasi E-KPB yang baru ini ada untuk tempat mengakses permodalan yakni di fitur E-Permodalan.

Dalam fitur tersebut ada akses untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Petani nantinya bisa ambil KUR tanpa petani ke bank dan nanti tahapannya sudah ada di dalam fitur tersebut.

"Beberapa bank yang sudah kerjasama dengan E-KPB yakni diantaranya BNI, BRI, Mandiri, Bank Lampung dan Bank Raya," kata Suharmoko.

Ia mengatakan, termasuk juga ada bantuan dari Dinas Sosial (Disos) juga bisa dilihat dalam layanan tersebut.

Suharmoko mengatakan, petani juga bisa mendapat
layanan Sarana produksi pertanian (Saprotan).

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved