Lipsus

Wow, Biaya Masuk RSBI di Lampung Capai Rp 20 Juta

Rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) pada akhirnya memang didominasi anak-anak dari kalangan berpunya secara

Wow, Biaya Masuk RSBI di Lampung Capai Rp 20 Juta
net/ilustrasi
duit

Untuk tingkat sekolah menengha atas (SMA), Di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, sumbangan masuk tertinggi angkanya bahkan mencapai lebih Rp 20 juta.

Biaya yang berlabel sumbangan sukarela tersebut belum termasuk sumbangan rutin bulanan (SPP) yang rata-rata Rp 300 ribu. Angka Rp 20 jutaan ini sudah lebih besar daripada tahun sebelumnya, di mana sumbangan terbesar dari wali murid 'hanya' sekitar Rp 15 juta.

Mahalnya biaya masuk sekolah juga terjadi di RSBI tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Ratusan wali murid rela merogoh kocek sekurangnya Rp 5 juta agar anak mereka bisa masuk ke RSBI yang mereka anggap berkualitas lebih baik daripada non-RSBI.

Sejumlah pengelola RSBI di Bandar Lampung menyatakan, mahalnya biaya masuk tersebut untuk mendukung penerapan program subsidi silang bagi siswa lain yang tidak mampu.

Mereka berdalih, tidak seluruh siswa baru yang masuk diwajibkan memberi uang sumbangan sukarela pada pihak sekolah. Bahkan, ada siswa yang masuk dengan biaya sumbnagan nol alias gratis.

"Kami menyediakan porsi 20 persen untuk siswa kurang mampu dari kuota 288 siswa. Di antara siswa kurang mampu tersebut ada yang tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Karena itu perlu ada program subsidi silang. Yang mampu membantu siswa yang kurang mampu," terang Kepala SMA Negeri 2 Bandar Lampung Sobirin, Jumat (7/7).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana dan Humas SMP Negeri 2 Bandar Lampung Sutrisno menyatakan hal senada. "Dana sumbangan sukarela memang tidak kami patok. Tapi bagi siswa dari keluarga mampu diharapkan bisa membantu siswa yang kurang mampu melalui sistem subsidi silang," ujar Sutrisno.

Menurut dia, biaya masuk di SMP Negeri 2 Bandar Lampung berbeda-beda, mulai dari nol rupiah, Rp 50 ribu, Rp 3 juta, hingga Rp 5 juta. Sedangkan untuk biaya SPP tahun ajaran 2011/2012 ini sekitar Rp 250 ribu per bulan.

Begitu juga dengan SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Menurut Sobirin, dana sumbangan terbesar dari wali murid di sekolahnya mencapai Rp 20 jutaan. Tapi, pihak sekolah tidak mematok sumbangan dalam jumlah tertentu yang iwajib dibayar para wali murid. "Ada juga yang menyumbang Rp 12 juta atau Rp 5 juta. Untuk tahun lalu paling besar sekitar Rp 15 juta," katanya.

Sobirin menyatakan, penerimaan siswa di sekolah yang ia pimpin melewati beberapa tahapan seleksi. Setelah calon siswa lulus seleksi berkas, tersedia empat jalur masuk yang bisa diikuti. keemoat jalur itu ialah jalur tes, swadana, olah raga, dan jalur siswa kurang mampu.

Halaman
12
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help