Rambah Online, Omzet UKM Ucok Durian Medan Meroket Jadi Miliaran Per Bulan

Order sudah masuk, duit sudah kita terima, tak mungkinlah kita kembalikan bang. Abang harus cari sampai dapat itu barang.

Rambah Online, Omzet UKM Ucok Durian Medan Meroket Jadi Miliaran Per Bulan
Tribun Lampung / Heribertus
Sejumlah konsumen sedang menikmati durian di Ucok Durian Medan 

Jika ukuran luar biasa disini mengacu pada angka pertumbuhan omzet yang besar, maka kisah pelaku UKM bernama Johan Hasibuan ini bisa jadi contoh menarik.

Johan Hasibuan adalah seorang penjual Durian Medan yang membuka lapak di Jalan Pelajar, Kota Medan dengan merek Ucok Durian atau Ucok Durian Singlet. Ia sudah menjalankan bisnis ini sejak 15 tahun silam.

Penggunaan merek Ucok Durian di Medan memang tak hanya digunakan oleh satu pedagang saja, melainkan banyak dan tersebar di sejumlah lokasi di Medan. Perbedaan antara Ucok Durian milik Johan Hasibuan dengan Ucok Durian lainnya, diakui pemiliknya, salah satunya ada pada cara pemasarannya.

Jika penjual durian lain masih fokus menjalankan usahanya pada lapak semata, Johan "Ucok" Hasibuan ini sudah merambah dan merajai dunia maya.

Jika pada awal usahanya Johan hanya berdagang seorang diri, kini Ucok Durian punya 30 pegawai.

Meniti bisnis dari nol sebagai pedagang, lalu perlahan-lahan berkembang, Johan akhirnya bisa memiliki omzet Rp 200 juta per bulan pada awal 2016.

Untuk ukuran usaha kecil, omzet sebesar itu bisa dibilang sudah maju. Tapi ternyata Johan tak ingin berhenti di situ.

Bersama keluarganya, terutama adiknya Ananda Hasibuan, Johan pun mengepakkan sayap bisnis secara online. Ide itu muncul dari Ananda yang ketika itu masih kuliah di Yogyakarta.

Begitu selesai dari Jogja, Ananda langsung pulang kampung membantu keluarganya untuk total mengembangkan jaringan pemasaran secara online.

Jika sebelumnya Ucok Durian hanya mengandalkan jualannya di sebuah lapak yang berlokasi di Jalan Pelajar, Kota Medan. Pada Mei 2016, Ucok Durian terjun di internet.

Halaman
123
Penulis: Heribertus Sulis
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved