Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Kuda Kepang-Tabuh Lesung Seni Budaya di Lomba Desa

Kesenian kuda kepang hingga kesenian tabuh lesung menjadi seni budaya yang ditampilkan dalam lomba desa tingkat Kabupaten Pringsewu.

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Kesenian kuda kepang hingga kesenian tabuh lesung menjadi seni budaya yang ditampilkan dalam lomba desa tingkat Kabupaten Pringsewu. Ini  terlihat pada Pekon Bumi Ayu Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Rabu (7/3).

Desa ini menerima kunjungan dari tim penilai Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pringsewu Malian Ayub mengatakan, bahwa lomba desa ini program setiap tahun hingga tingkat nasional.

Baca: (VIDEO) Mahasiswa PMII Unjuk Rasa Tolak Revisi UU MD3

Sementara untuk tingkat kabupaten mengajukan satu desa per kecamatan untuk maju dalam lomba. Kemudian, dari situ akan dipilih satu juara yang mewakili Kabupaten Pringsewu maju lomba di tingkat Provinsi Lampung.

"Selain itu, tujuannya untuk melihat perkembangan pembangunan desa," ujarnya.

Kegiatan ini, tambah dia, juga dalam rangka HUT Kabupaten Pringsewu ke IX. Penilaian lomba, menurut dia, dimulai sejak Senin (5/3) lalu.

Baca: Ratusan Hektare Sawah di Palas Berubah Jadi Danau

Camat Kecamatan Pringsewu Nang Abidin Hasan mengatakan, Pekon Bumi Ayu dipilih maju mewakili Kecamatan Pringsewu karena partisipasi masyarakatnya tinggi dalam bergotong royong. Selain itu, juga membutuhkan pembinaan dari dinas terkait.

Pekon Bumi Ayu pernah mendapat penghargaan Gertam Tingkat Nasional Tahun 2017, Juara 2 PPPKSS Tingkat Provinsi Lampung 2017 dan Juara II Kabupaten Tingkat Kebersihan 2017.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help