BPJS Ketenagakerjaan Rangkul Ojol Gabung Jadi Peserta

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung merangkul para pengemudi ojek online (ojol) untuk bergabung dalam kepesertaan.

BPJS Ketenagakerjaan Rangkul Ojol Gabung Jadi Peserta
Tribunlampung/Ana
Petugas BPJS Ketenagakerjaan membagikan suvenir kepada peserta dalam rangka peringatan Hari Buruh 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung merangkul para pengemudi ojek online (ojol) untuk bergabung dalam kepesertaan.

Hal ini berdasarkan pertimbangan mobilitas yang tinggi sehingga membuat para pengemudi ojek online perlu mendapat perlindungan lebih dari risiko kerja yang ditekuninya.

Baca: Sambangi Markas PWI Way Kanan, Wakapolres Minta Ini ke Awak Media

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung Heri Subroto mengatakan, saat ini di Bandar Lampung sudah ada sekitar 5.000 pengemudi ojek online. Namun, dari jumlah tersebut baru sekitar 500 orang atau 10 persen yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pengemudi ojek online ini (sebaiknya) wajib punya karena mereka termasuk rentan karena berada di jalan sepanjang hari. Mereka sebagai peserta mandiri namun ada koordinatornya sehingga ketika terjadi accident lebih mudah untuk penanganannya," jelasnya kepada Tribun, Rabu (2/5).

Baca: Jadwal Live Semifinal Liga Champions - Gawat, AS Roma Kehilangan 2 Pilar Utama Ladeni Liverpool

Heri menambahkan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pengemudi ojek online bisa terjamin apabila terjadi risiko kecelakaan saat bekerja. Dengan iuran hanya Rp 16.800 per bulan mereka sudah mendapatkan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan berbagai manfaat tambahan yang bisa didapat.

Selanjutnya, sebagai apresiasi kepada para pekerja dan dalam merayakan Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung juga akan mengajak pengemudi ojek online baik dari Go-Jek maupun Grab untuk melakukan senam bersama dengan doorprize menarik pada Jumat 4 Mei 2018 mendatang, yang merupakan puncak perayaan Hari Buruh 2018 ini.

Sebelum itu pada Rabu dan Kamis (2-3 Mei 2018), BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung juga membagikan suvenir kepada para peserta.

"Harapannya tentu semoga kesejahteraan buruh bisa terangkat dan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Kaitannya dengan kepesertaan, dikatakan belum merdeka sebagai buruh apabila tidak mendapatkan kenyamanan dan perlindungan. Apabila perlindungan sudah dapat, upah sesuai, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak produktif dan berprestasi," imbuhnya. (ana)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help