Tribun Metro

KPU Metro Terima 2.381 Kotak Suara Pemilu 2019

Sebanyak 2.381 kotak suara Pileg dan Pilpres 2019 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro di Gudang Logistik Yosorejo

KPU Metro Terima 2.381 Kotak Suara Pemilu 2019
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
Petugas KPU Metro mengangkut kotak suara dari truk untuk disimpan ke gudang logistik Yosorejo di Metro Timur, Selasa (9/10). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sebanyak 2.381 kotak suara Pileg dan Pilpres 2019 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro di Gudang Logistik Yosorejo, Metro Timur, Selasa (9/10).

Komisioner KPU Lampung Divisi Logistik Erwan Bustami mengatakan, selain Bumi Sai Wawai, kotak suara juga telah didistribusikan ke tiga daerah lain. Yakni KPU Mesuji, Tulangbawang Barat, dan Pesisir Barat.

"Tapi hanya kotak suara saja. Untuk bilik suara, segel hologram, dan surat suara itu kami masih menunggu jadwal dari pusat. Tetapi tahun ini didistribusikan semua," ujarnya saat menyaksikan serah terima logistik di gudang KPU Metro.

Baca: Unik, Petugas Bawa Kotak Suara ke Rumah Warga yang Sakit

Baca: KPU Metro Kembalikan Dana Hibah Rp 1 M Lebih

Sementara Ketua KPU Metro Sukatno menjelaskan, 2.381 kotak suara tersebut nantinya akan dibagikan ke 465 TPS Kelurahan, 55 TPS PPK, dan satu untuk sekretariat KPU Metro. "Jadi itu menghitungnya satu TPS dikali lima. Di Metro ini ada 465 TPS ditambah 11 PPK dan satu di KPU. Jumlah tepatnya 2.381," jelasnya.

Ia menjelaskan, tidak ada kotak suara cadangan. Namun, jika ada kotak suara yang rusak, KPU Metro akan melaporkan kerusakan tersebut ke KPU Provinsi. "Yang didistribusikan sesuai hitungan tadi. Tidak ada cadangan. Soal kerusalan kita lapor KPU Lampung untuk diteruskan ke KPU RI," paparnya.

Terkait perawatan, Sukatno mengaku, KPU Metro bekerjasama dengan Bulog. Sebelum kotak suara datang, gudang logistik telah disemprot obat. Pun demikian setelah kotak suara disusun akan kembali diberikan obat.

"Supaya tidak ada rayap atau kuman yang bisa menyebabkan kotak suara rusak. Karena ini masih lama digunakanya. Naruh kotak suara juga tidak boleh sembarangan. Jadi di atas lantai itu harus dilapisi kaso dulu. Kalau misal banjir atau ada air, tidak langsung mengenai kotak suara," terangnya.

Ditambahkanya, nantinya ketika didistribusikan kotak suara sudah dirakit. Kemudian pelipatan surat suara juga akan dilakukan di gudang logistik. "Kita rakitnya di sini. Kan ini belum dirakit. Nanti sekalian surat suara juga. Termasuk packing juga. Baru nanti didistribusikan," tandasnya.

Ketua Bawaslu Kota Metro Ahmad Mujib menilai, proses distribusi kotak suara sudah sesuai ketentuan, baik jumlah dan jadwal. Pihaknya akan terus memantau dan mengawasi distribusi logistik sampai ke TPS. (dra)

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved