Tribun Metro

Cegah Stunting,  Ibu Diminta Deteksi Gizi Anak Hingga Usia 6 Tahun

Dinas kesehatan menyatakan, kesadaran ibu-ibu di Kota Metro akan kesehatan anak terus meningkat.

Cegah Stunting,  Ibu Diminta Deteksi Gizi Anak Hingga Usia 6 Tahun
SHUTTERSTOCK / Kompas.com
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas kesehatan menyatakan, kesadaran ibu-ibu di Kota Metro akan kesehatan anak terus meningkat. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Metro Ridwan, saat membuka seminar kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54, mengatakan, terkait pencapaian SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan), diskes mengutamakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan dan isu-isu bidang kesehatan. Sehingga perlu inovasi-inovasi dalam upaya preventif dan promotif.

"Nah, seminar kesehatan ini dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang mengambil tema pemanfaatan buku KIA dalam deteksi dini dan pencegahan stunting pada balita," ujarnya, Rabu (31/10).

Baca: Masuki Musim Hujan, Dinas Kesehatan Lampung Selatan Imbau Warga Waspada DBD

Baca: Wali Kota Metro: Saya Baru Tahu Belum Halal, Saya Minta Dinas Kesehatan Tunda Imunisasi MR

Karenanya, ia berharap agar ibu dan anak memiliki catatan khusus yang lengkap, mulai dari kandungan sampai anak berusia enam tahun. Penyuluhan tentang kesehatan gizi, deteksi masalah gangguan kesehatan ibu dan anak, serta meningkatkan komunikasi ibu dengan petugas kesehatan.

"Wali kota menyambut baik dan memberikan apresiasi serta penghargaan atas terselenggaranya acara seminar ini. Saya mengucapkan selamat datang di Kota Metro, semoga kehadirannya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua," ujarnya kepada 200 peserta seminar.

Ridwan menambahkan, perlu inovasi-inovasi dalam upaya preventif dan promotif yang mana salah satunya mencegah stunting pada balita. Karenanya, penting meningkatkan pemanfaatan buku KIA. Termasuk seminar kesehatan yang dapat meningkatkan pengetahuan. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved