Tribun Tanggamus

Ketua DPRD Tanggamus Sebut Ada Tata Kelola Lingkungan yang Tak Tepat Sebabkan Banjir dan Longsor

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan menyatakan, ada dua langkah atasi bencana, yakni jangka pendek dan jangka panjang.

Ketua DPRD Tanggamus Sebut Ada Tata Kelola Lingkungan yang Tak Tepat Sebabkan Banjir dan Longsor
YouTube
Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan. 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan menyatakan, ada dua langkah atasi bencana, yakni jangka pendek dan jangka panjang.

"Untuk jangka pendek kami mengimbau seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah rawan banjir dan longsor untuk senantiasa waspada, mengingat musim penghujan diperkirakan masih cukup lama berakhirnya," kata Heri, Sabtu (1/12/2018). 

Ia menambahkan, untuk seluruh jajaran pemerintahan untuk siap siaga dengan seluruh sumberdaya yang dimiliki guna memberikan bantuan dan penanganan terhadap warga dan wilayah terdampak bencana banjir dan longsor.

Jalinbar Sedayu Bisa Dibuka, Untuk Sementara Prioritaskan Mobil Kecil  

3 Musibah Landa Limau, Tanggamus - Banjir Genangi 5 Pekon, Longsor Tutupi Jalan dan 10 Perahu Hilang

Sehingga persoalan yang timbul di lapangan dapat cepat teratasi.

"Untuk jangka panjang, seringnya terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor adalah merupakan warning kepada kita bahwa telah terjadi ketidakseimbangan alam akibat tata kelola lingkungan yang kurang tepat di sebagian wilayah hutan di Kabupaten Tanggamus," kata Heri.

Oleh sebab itu ke depan isu perbaikan lingkungan harus menjadi perhatian utama pemerintah dalam menyusun rencana kerja dan program pembangunan, baik di tingkat pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Sementara itu Kabid Kedaruratan BPBP Tanggamus Adi Nugroho juga mengimbau masyarakat waspada bencana, khususnya di daerah yang sekitarnya ada sungai dan dataran tinggi.

"Kami imbau selalu waspada, dan saat ada bencana segera evakuasi untuk menyelamatkan diri dahulu ke tempat aman," ujar Nugroho.

Ia menambahkan sebagai bagian dari Pemkab Tanggamus tetap berusaha menangani bencana, baik tindakan tanggap darurat maupun penanganan lanjutan.

(*)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved