Tribun Tanggamus

Bupati Kunjungi Korban Banjir di Kelumbayan Barat

Bupati tanggamus Kunjungi Korban Banjir di Kelumbayan Barat yang tertimpa korban banjir

Bupati Kunjungi Korban Banjir di Kelumbayan Barat
Istimewa
Bupati Tanggamus Kunjungi Korban Banjir di Kelumbayan Barat, Rabu( 5/12/18) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID KELUMBAYAN BARAT - Atas terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Tanggamus beberapa hari belakangan, telah memberikan dampak yang memprihatinkan bagi masyarakat.

Mulai dari terhalangnya akses transportasi, sampai terhentinya aktifitas warga yang terkena dampak bencana. Meskipun kondisi tersebut telah ditangani dengan baik oleh Pemkab Tanggamus, mulai dari pemberian bantuan makanan kepada warga korban bencana, juga normalisasi sungai dan membuka kembali akses transportasi di beberapa wilayah.

Namun hal tersebut tidaklah cukup bagi Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, baik sebagai seorang Kepala Daerah maupun sebagai seorang Bunda yang mengasihi warganya.

Jika pada bencana beberapa waktu yang lalu beliau mengunjungi korban banjir di Kecamatan Kelumbayan, kali ini Rabu(5/12/18) beliau kembali mengunjungi korban bencana banjir dan tanah longsor yang ada di Kecamatan Kelumbayan Barat.

Turut mendampingi Bupati dalam kunjungan tersebut, Asisten Bidang Administrasi Firman Rani, Kepala BPBD Romasyadi, Kadis PUPR Riswanda Djunaidi, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kadis Pendidikan Aswin Dasmi, Kadis Kesehatan Sukisno, Camat dan Uspika Kecamatan Kelumbayan, para Kepala Pekon serta Tim Satgas Bencana Pemkab Tanggamus.

Saat tiba di wilayah tersebut, Bupati dan rombongan meninjau sejumlah lokasi yang terkena dampak banjir dan tanah longsor. Bupati juga bertemu dengan warga yang terkena dampak banjir yang ditempatkan di Pekon Sidoharjo, Kecamatan Kelumbayan Barat.

Dalam arahannya kepada masyarakat setempat, Bupati menyampaikan agar warga tetap siap siaga terhadap bencana susulan yang mungkin terjadi. Selain itu Bupati juga meminta Tim Satgas Bencana agar menyampaikan bantuan dengan skala prioritas. “Agar warga tetap siaga jikalau ada bencana susulan seperti banjir dan tanah longsor. Bantuan yang diberikan oleh Pemkab Tanggamus agar dapat diprioritaskan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat agar selalu mengingat dan meminta perlindungan dan pertolongan kepada Yang Maha Kuasa. “Mari kita selalu berdoa meminta pertolongan kepada Allah SWT, agar kita semua selalu dilindungi dari mara bahaya dan bencana karena cuaca sekarang sedang cuaca ekstrim,” ajaknya.

Sementara Kasi Kedaruratan BPBD Halimi, mewakili Kepala BPBD Romasyadi, melaporkan bahwa musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi untuk kedua kalinya di Kecamatan kelumbayan, memberi dampak yang banyak kepada masyarakat, seperti jalan yang amblas, jembatan putus, sungai Way Napal yang amblas, sekolah rusak, masjid rusak, tiang listrik roboh dan patah dan jembatan hanyut.

Lebih lanjut Halimi menyampaikan wilayah yang terkena dampak dari bencana kali ini, untuk di Kecamatan Kelumbayan Barat meliputi Pekon Sidoharjo atau Sukajaya sebanyak 853 jiwa, Pekon Lengkukai 63 jiwa dan Pekon Sidoharjo 217 jiwa.

Sedangkan untuk Kecamatan Kelumbayan terdiri dari Pekon Napal 300 KK, Pekon Suka Agung 96 KK, PekonPaku 955 KK, Pekon Unggak 208 KK, Negeri Kelumbayan 80 KK, Pekon Penyandingan di Pedukuhan Salong 120 KK, Pedukuhan Rebung 90 KK, Pedukuhan Pematang Neba 110 KK dan Pekon susuk 246 KK.

Halimi juga menyampaikan pendistribusian bantuan dari Pemkab Tanggamus. “Untuk bantuan dari Pemkab Tanggamus seperti beras, air mineral, mie instan, selimut, obat-obatan dan bantuan logistik lainnya sudah tiba dilokasi dan sudah kami berikan kepada masyarakat yg membutuhkan,” pungkasnya. (Rls)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved