Tribun Bandar Lampung

Masuk Musim Penghujan, Waspada 6 Titik Rawan Banjir di Bandar Lampung

BPBD Bandar Lampung melansir bahwa ada sebanyak enam titik wilayah yang rawan terhadap bencana banjir di Kota Bandar Lampung.

Masuk Musim Penghujan, Waspada 6 Titik Rawan Banjir di Bandar Lampung
Ilustrasi - Banjir di kalibalau kencana 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandar Lampung melansir bahwa ada sebanyak enam titik wilayah yang rawan terhadap bencana banjir di Kota Bandar Lampung.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris BPBD Kota Bandar Lampung, M. Rizki saat dihubungi, Minggu (9/12/2018).

"Yang rawan banjir itu daerah bawah seperti Telukbetung Timur (TbT), Telukbetung Barat (TbB), Panjang, Bumiwaras, Telukbetung Selatan (TbS), dan termasuk Kedamaian," paparnya.

BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Lampung Senin Ini Diguyur Hujan Intensitas Sedang

Cek Tempat Mangkal SIM Keliling Senin 10 Desember 2018

Menurutnya, wilayah yang merupakan titik rawan banjir tersebut merupakan wilayah yang berada di bantaran sungai. "Karena banjir kita ini di wilayah Bandar Lampung merupakan banjir rob (kiriman)," paparnya.

Sehingga ketika sungai cukup deras alirannya dari kabupaten Pesawaran sementara air laut lagi pasang maka terjadilah banjir. "Namun jika memang kondisi aliran sungai lancar dan air laut tidak pasang maka tidak terjadi banjir," ungkapnya.

Sementara peristiwa banjir yang sempat terjadi di wilayah Kecamatan Bumiwaras beberapa waktu lalu disebabkan penyumbatan siring pada drainase.

Oleh karenanya masyarakat diimbau untuk bergotong-royong, karena ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja tapi juga masyarakat itu sendiri dan juga dunia usaha.

"Marilah kita bersama-sama terutama masyarakat saling menjaga lingkungan dengan membersihkan parit-parit yang sudah pendangkalan dan penumpukkan sampah di lingkungan sekitar," tuturnya. (eka)


Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved