Tribun Bandar Lampung

Kuota SNMPTN 2019 di Unila Kemungkinan Sama Seperti 2018

Kuota calon mahasiswa dalam SNMPTN 2019 di Universitas Lampung kemungkinan tak jauh berbeda dengan 2018.

Kuota SNMPTN 2019 di Unila Kemungkinan Sama Seperti 2018
Tribun Lampung/Bayu Saputra
M Komarudin, Bagian Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lampung 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BAYU SAPUTRA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kuota calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 di Universitas Lampung kemungkinan tak jauh berbeda dengan kuota SNMPTN 2018. Jumlahnya bisa mencapai 5.000-an.

M Komarudin selaku Bagian Hubungan Masyarakat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila menjelaskan, sejauh ini, pimpinan belum mengadakan rapat terkait kuota PMB. Namun, menurut dia, kuota calon mahasiswa dari jalur prestasi SNMPTN biasanya menggunakan batas minimum.

"Belum ada rapat. Tapi sepertinya, jumlah kuota tidak jauh dari tahun lalu (SNMPTN 2018). Sekitar 5.000-an," katanya kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (8/1/2019).

Komarudin membenarkan kuota SNMPTN 2019 turun dari SNMPTN 2018. Turunnya kuota SNMPTN 2019 berlaku untuk sekolah dari semua akreditasi.

Sebaliknya, kuota calon mahasiswa dari Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) naik. Dari tahun sebelumnya sebesar 30 persen, tahun ini menjadi 40 persen. Sisanya, untuk PMB jalur mandiri.

Komarudin mengungkapkan, kebijakan pemerintah mengurangi kuota SNMPTN karena adanya indikasi "permainan" nilai rapor oleh pihak sekolah.

"Unila juga pernah menemukan indikasi kecurangan itu. Nilai rapor berbeda setelah pemeriksaan. Akhirnya, Unila mendiskualifikasi sekolah itu," ujarnya.

Selain itu, beber Komarudin, terdapat tren nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa dari jalur SNMPTN lebih rendah ketimbang mahasiswa dari jalur lainnya.

"Inilah yang jadi referensi pemerintah menurunkan kuota PMB dari jalur SNMPTN," kata Komarudin. "Maka, harapannya, lebih jujur lagi memasukkan nilai rapor siswa- siswi untuk masuk dari jalur SNMPTN," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved