Tribun Lampung Utara

Panwas Lampung Utara Temukan Tabloid Indonesia Barokah Beredar di Ponpes dan Kantor Pos di Lampura

Badan Pengawas Pemilu kabupaten Lampung Utara sudah menemukan peredaran Tabloid Barokah di Lampung Utara.

Panwas Lampung Utara Temukan Tabloid Indonesia Barokah Beredar di Ponpes dan Kantor Pos di Lampura
Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Tabloid Indonesia Barokah sudah ditemukan beredar di Lampura oleh Panwas setempat 
Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lampung Utara sudah menemukan peredaran Tabloid Barokah di Lampung Utara.
"Tabloidnya ditemukan di beberapa kantor pos di Kotabumi, Kotabumi Utara, Selatan, Tanjung Raja, dan Bukit ‎Kemuning," kata Kordiv Pengawasan, Hubungan Kelembagaan, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Lampung Utara, Adul Holik, saat dihubungi via telepon, Sabtu 26 Januari 2019. 
Isinya, terang dia, berdasarkan sekali melihat cover tabloid itu ada Reuni 212 kepentingan umat atau kepentingan politik sebagai judul halaman utamanya.
Menyikapi adanya temuan terseut, beberapa waktu lalu, pihaknya dengan polres Lampung Utara sudah berkoordinasi langkah selanjutnya dengan kantor pos jangan dibagikan lebih dahulu.
Yang sudah beredar di beberapa pondok pesantren, pihaknya akan melakukan peminjaman untuk dilakukan telaah oleh Gakumdu Lampung Utara.
"Nanti kami kaji dahulu  bersama dengan Gakumdu, isinya apakah melanggar atau tidak," ujarnya. 

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung meminta jajaran pengawasan di bumi ruwa jurai ini untuk mengantisipasi kampanye hidam dalam pemilu 2019.

Disinnyalir Tabloid Barokah, yang baru-baru ini disorot karena dugaan kampanye hitam sudah beredar di Lampung.

Hal ini diungkapkan Plh Ketua Bawaslu Lampung Adek Asy’ari, Jumat (25/1/2019).

“Bawaslu Lampung meminta seluruh jajarannya untuk proaktif bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengantisipasi peredaran tabloid Indonesia Barokah yang disinyalir sudah memasuki wilayah Provinsi Lampung,” katanya.

Tabloid Indonesia Barokah Masuk Lampung, Tersebar di 6 Kabupaten dan Kota

Adek menekankan jajaran pengawasan mencegah segala bentuk kampanye hitam.

“Segala bentuk kampanye hitam harus dicegah. Untuk itu Bawaslu meminta jajarannya untuk mengedepankan tindakan preventif dengan berkoordinasi kepada seluruh stakeholder Pemilu seperti KPU maupun pihak Keamanan.

Juga agar dapat berkordinasi dgn PT. Pos Indonesia dan Pemda setempat berkaitan dengan penyebaran Tabloid Indonesia Barokah tersebut,” ungkapnya.

Hal ini kata dia dalam rangka menjaga kondusifitas pemilu 2019 yang tinggal kurang dari 3 bulan lagi.

“Tidak ada tempat bagi pihak-pihak yang berupaya mengacaukan suasana kondusif pemilu melalui konten-konten yang dapat menyulut perpecahan di masyarakat,” ujarnya.

Adapun penyebaran tabloid barokah di Lampung, kata Adek ditemukan di beberapa kabupaten, seperti Lampung Utara,  Lampung Barat,  Tanggamus, Lampung Timur, Mesuji dan kota Metro.

(*)   
 
Penulis: anung bayuardi
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved