Tribun Pringsewu

Jalan Kabupaten di Pekon Panggungrejo Berlubang dan Berkubang

Warga Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu mengeluhkan ruas jalan kabupaten yang rusak parah

Jalan Kabupaten di Pekon Panggungrejo Berlubang dan Berkubang
Tribun Lampung/R Didik Budiawan
Warga Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu mengeluhkan ruas jalan kabupaten yang rusak parah karena belum tersentuh pembangunan. 

Jalan Kabupaten di Pekon Panggungrejo Berlubang dan Berkubang

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Warga Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu mengeluhkan ruas jalan kabupaten yang rusak parah karena belum tersentuh pembangunan.
Badan jalan tersebut aspalnya mengelupas dan berlubang. Bahkan tergenang air bagaikan kubangan kerbau. Warga Pekon Panggungrejo Tarseno mengatakan ruas jalan ini terakhir diperbaiki pada 2009 silam.

Kerusakannya sekitar 1 km, mulai dari perbatasan dengan Pekon Pandansari sampai dengan Tugu Gajah Mada Monumen Corps Polisi Militer (CPM).
"Jalan ini, jalan porosnya Panggungrejo, masuknya dari pangkalan ojek Arjosukar (Sukoharjo)," kata Tarseno, Minggu (10/2).

Jalan RE Martadinata Rusak di 2 Titik: Berlubang, Bergelombang, Berkerikil

Ia mengungkapkan, bila hujan lebat jalan tersebut justru menjadi saluran air seperti sungai. Sebab drainase yang ada di tepi kiri dan kanannya terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung air.
Tidak sampai di situ, air bahkan melimpas hingga masuk ke rumah ibadah masjid wilayah tersebut.

Setelah hujan reda, air menggenangi lubang-lubang yang ada di badan jalan.
Sehingga lubang tersebut tidak terlihat karena permukaan air yang menggenangi lubang rata dengan jalan. Tarseno khawatir kondisi tersebut membahayakan pengendara yang melintas.

Warga lainnya, Dwi mengungkapkan, untuk mengantisipasi bahaya, masyarakat yang peduli secara manual membuat saluran air yang menggenangi lubang di badan jalan. Karena lubang yang terlalu dalam, saluran pembuangan yang dibuat hanya membantu mengurangi air di lubang tersebut.

Satlantas Timbun Jalan Berlubang Jalinbar Pasar Induk Pringsewu

Selain itu, kata dia, ada yang berinisiatif menimbun lubang dengan tanah. Namun saat hujan justru tanah tersebut amblas saat dilalui kendaraan. Oleh karena itu lah, dia menginginkan adanya perhatian atas kondisi jalan itu.

Sebab, ruas jalan itu sebagai jalan poros Panggungrejo yang menghubungkan ke Jalan Provinsi Pringsewu-Kalirejo. Melalui simpang ojek Arjosukar di Sukoharjo II ruas jalan itu kemudian melalui Pekon Pandansari dan berujung di Panggungrejo.

Ironisnya, ruas jalan Sukoharjo II hingga Pandansari sudah mengalami perbaikan sehingga jalannya bagus. Namun di penghujung sekitar 1 km, antara perbatasan Pandansari dengan Panggungrejo jalannya jelek hingga simpang Tugu Monumen CPM.

Diguyur Rp 2 Miliar

Dinas Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-PR) Pringsewu memastikan bila ruas jalan kabupaten Sukoharjo-Panggungrejo mendapat kucuran dana sekitar Rp 2 miliar dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU-PR Pringsewu Handri Yusuf mengatakan, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar itu untuk perbaikan jalan tersebut.

"Ada kita alokasikan untuk pembangunan jalan Sukoharjo-Panggungrejo tahun ini," ujar Handri mewakili Kepala Dinas PU-PR Handri Yusuf, Minggu (10/2).

Saat ini, kata dia, masih dalam perencanaan jenis jalannya.Karena itu, Handri belum dapat menginformasikan apakah nanti akan ada yang dicor beton atau aspal.

Ia mengungkapkan waktu pengerjaan pembangunan jalan tersebut kemungkinan setelah Lebaran. Handri berharap masyarakat dapat bersabar. "Yang jelas tahun ini," katanya.(dik)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved