Tribun Bandar Lampung

Tukang Rongsok Menyambi Gondol Barang Berharga: Incar Rumah Warga yang Terbuka

Aparat Polsek Kedaton meringkus tukang rongsok bernama Reza (23), tersangka pencurian.

Tukang Rongsok Menyambi Gondol Barang Berharga: Incar Rumah Warga yang Terbuka
Tribun Lampung/Hanif Risa Mustafa
Kapolsek Kedaton Kompol Abdul Mutholib (tiga dari kiri) bersama Kasubbag Humas Polresta Bandar Lampung AKP Titin Maezunah dan jajaran menggelar ekspose kasus pencurian, Minggu (10/2/2019). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG HANIF RISA MUSTAFA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Aparat Polsek Kedaton meringkus tukang rongsok bernama Reza (23). Warga Jalan Tomat, Kelurahan Jagabaya, Kecamatan Way Halim, itu menjadi tersangka pencurian ponsel dan TV flat 24 inchi.

Kapolsek Kedaton Komisaris Abdul Mutholib mengungkapkan, penangkapan tersangka Reza berdasarkan laporan bernomor LP/197/II/2019/LPG/Resta Balam/Sektor KDT, tertanggal 7 Februari 2019. Merujuk laporan itu, beber dia, tersangka Reza beraksi di Jalan Teuku Umar, Gang Darussalam, Kelurahan Surabaya, Kecamatan Kedaton, pada subuh.

"Sambil cari barang rongsokan, matanya jelalatan lihat rumah yang sekiranya terbuka," kata Tholib, sapaan akrabnya, saat ekspose kasus pencurian, di kantornya, Minggu (10/2/2019). "Dia masuk dari jendela yang terbuka. Kebetulan korban (Tomi Irawan, 36) sedang ke masjid untuk salat subuh," sambungnya.

Mengetahui kondisi sepi, papar Tholib, tersangka Reza masuk lewat jendela, lalu mengambil TV dan ponsel. Selanjutnya, ia memasukkan barang curian ke dalam karung dan kabur. Korban pun melapor ke Polsek Kedaton pada siangnya.

"Setelah kami analisis kasus, besoknya kami dapatkan barang bukti di penadah. Kami berhasil mengamankan tersangka penadah, Taufik (29), warga Jalan Butan, Kelurahan Jagabaya, Kecamatan Way Halim. Dari keterangan tersangka penadah, kami amankan tersangka Reza di rumahnya yang tidak jauh dari rumah tersangka penadah," terang Tholib.

Tholib menjelaskan, tersangka Reza memang biasa beraktivitas mencari barang rongsokan mulai sekitar pukul 04.00 WIB atau subuh.

"Rupanya saat keliling di Jalan Teuku Umar, Gang Darussalam, Kelurahan Surabaya, tersangka melihat ada rumah yang jendelanya terbuka," katanya.

Sudah Enam Kali

Sementara tersangka Reza mengaku sudah enam kali mencuri barang di rumah warga.

"Dua kali di daerah Koga, empat kali di Villa Citra," ujarnya di Polsek Kedaton.

Tersangka Reza mengaku sebenarnya hanya berniat mencari barang rosokan. Namun, ia  tak menampik akan mengambil barang berharga yang bernilai jual tinggi apabila ada kesempatan.

"Jadi, saya lihat. Kalau rumahnya kebuka, saya masuk," katanya.

Tersangka Reza juga mengakui membawa barang hasil curian di rumah warga, Jalan Teuku Umar, Gang Darussalam, ke tempat rekannya yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

"Hasil curian langsung saya jual ke Taufik. Hasilnya buat tambahan hidup," ujarnya.

Penulis: hanif mustafa
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved