Tribun Tanggamus

Warga Dadapan Jebak Pengangkut Kayu Sonokeling Diduga Hasil Illegal Logging

Warga Pekon Dadapan, Kecamatan Sumber Rejo mengamankan 21 gelondongan kayu hasil illegal logging di pekon setempat.

Warga Dadapan Jebak Pengangkut Kayu Sonokeling Diduga Hasil Illegal Logging
Tribun Lampung/Tri Yulianto
ILLEGAL LOGGING - Truk bermuatan kayu sonokeling diduga hasil illegal logging berhasil diamankan warga Pekon Dadapan bersama aparat Polhut, KPHL Kota Agung Utara dan KPHL Pematang Neba 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Warga Pekon Dadapan, Kecamatan Sumber Rejo mengamankan 21 gelondongan kayu hasil illegal logging di pekon setempat.

Menurut Yoyok Sulistyo, warga Pekon Dadapan, upaya pengamanan bermula saat warga menemukan tumpukan kayu sonokeling yang dilektakkan di pinggir jalan di Dusun II Pekon Dadapan. Gelondongan kayu memiliki panjang rata-rata dua meter.

Polhut Amankan Puluhan Kayu Sonokeling Illegal Logging dari Register 39

Warga sekitar tidak ada yang mengakui kepemilikan kayu tersebut. Warga menduga kayu tersebut hasil jarahan dari hutan lindung register 30 yang diangkut keluar melalu jalur Pekon Dadapan.

"Saya dapat info Selasa (5/2) sore ada yang lagi nebang pohon di dalam hutan kawasan. Kayu sonokeling yang sudah dipotong-potong dengan panjang sekitar dua meter itu diletakan di pinggir jalan," ujar Yoyok, Minggu (10/2).

Yoyok mengaku, sambil menunggu pembawa kayu, warga menghubungi Polisi Kehutanan dan Kesatuan Perlindungan Hutan Lindung (KPHL) Kota Agung Utara. Dan tim KPLH pun meluncur ke lokasi dan bersama warga menjebak pembawa kayu tersebut.

KPHL Pematang Neba dan Polisi Tangkap 4 Pelaku Illegal Logging

Upaya warga bersama KPHL pun membuahkan hasil. Ada dua dump truk warna kuning mendatangi lokasi tumpukan kayu dan langsung mengangkutnya. Penangkapan dilakukan saat kayu benar-benar sudah diangkut, dan saat truk mulai berjalan.

"Akhirnya truk berhasil dihentikan petugas Polhut dan KPHL. Informasinya benar kayu itu hasil illegal logging. Tapi sopir tidak mengaku kayu mau dibawa kemana dan siapa yang menyuruh," terang Yoyok.

Kepala KPHL Kota Agung Utara, Zulhaidir, membenarkan adanya penangkapan pelaku pembalakan liar tersebut.

"Betul Polhut, KPHL Kota Agung Utara bersama KPHL Pematang Neba berhasil mengamankan mobil dump truk warna kuning yang mengangkut 21 gelondongan kayu sonokeling, di jalan Gunung Batu-Dadapan," kata Zulhaidir.

Ia menambahkan sopir pembawa kayu tersebut berinisial DI. Sopir dan bukti kayu saat ini sudah diserahkan ke Polres Tanggamus untuk menjalani pemeriksaan. (tri)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved