Tribun Tanggamus

Cukup via WhatsApp, Disdukcapil Tanggamus Beri Kemudahan Pelayanan Buat Akta Kelahiran dan KIA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus memberi kemudahan layanan pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Cukup via WhatsApp, Disdukcapil Tanggamus Beri Kemudahan Pelayanan Buat Akta Kelahiran dan KIA
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Kadisdukcapil Tanggamus Syarif Husin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus memberi kemudahan layanan pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Kemudahan itu pasca dinas ini menjalin kerjasama dengan seluruh puskesmas, rumah sakit dan bidan untuk layanan pembuatan dokumen kependudukan anak.

"Adanya program ini masyarakat tidak perlu ke Disdukcapil lagi. Sebab saat mau melahirkan, bidan yang membantu persalinan akan minta dokumen seperti KK, KTP atau buku nikah," kata Kadisdukcapil Tanggamus Syarif Husin, Jumat (12/4/2019).

Inilah Cara dan Biaya Mengurus Akta Kelahiran Tahun 2019. Nggak Ribet dan Mudah Banget Lho!

Semua dokumen yang diminta petugas kesehatan selanjutnya difoto lalu dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp ke petugas Disdukcapil.

Proses selanjutnya menunggu kelahiran, foto dan nama bayi.

Syarif menambahkan, semua persyaratan pembuatan dokumen lengkap dan dikirim, proses pembaruan KK, pembuatan akta kelahiran, dan KIA bagi anak dilakukan.

Selanjutnya keluarga tersebut mengambil dokumen itu ke Disdukcapil atau diberikan lewat sarana kesehatan.

"Ini adalah terobosan mempercepat dan memudahkan pelayanan administrasi kependudukan. Maka manfaatnya data kependudukan selalu terperbaharui dan masyarakat makin mudah," ujarnya.

Syarif menegaskan, pelayan tersebut gratis dan itu juga berlaku seluruh pelayanan administrasi kependudukan.

“Itu sudah menjadi ketetapan Disdukcapil Tanggamus. Dan jika ada biaya maka itu termasuk tindakan pungutan liar (pungli),” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved