Ramadan 2016

Pengeluaran Boros Saat Ramadan? Ini Strategi Mengatur Uang di Bulan Puasa

Mungkin uang yang ada adalah uang dari THR dan tunjangan lainnya, namun mengapa gaji Anda sendiri tidak bersisa.

Pengeluaran Boros Saat Ramadan? Ini Strategi Mengatur Uang di Bulan Puasa
Kompas.com
Pasar Takjil di Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2016). Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pasar Takjil Bendungan Hilir (Benhil) ramai diserbu pengunjung saat Ramadan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Saat menjelang bulan Ramadan, Anda biasa pergi ke pusat perbelanjaan, di sana Anda akan melihat ada banyak produk baru, yang tentunya cukup menyita perhatian. Tidak hanya produk fesyen, tapi produk kebutuhan sehari-hari juga banyak ditawarkan pada saat seperti itu.

Tanpa sadar, terkadang Anda membeli beberapa produk tertentu, yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya, saat masih di pertengahan bulan, rupanya kebutuhan yang belum terpenuhi masih sangat banyak, tetapi bujet sudah semakin menipis.

Mungkin uang yang ada adalah uang dari THR dan tunjangan lainnya, namun mengapa gaji Anda sendiri tidak bersisa.

Menjelang bulan Ramadan dan hari raya, sebenarnya pengeluaran akan lebih banyak dibandingkan bulan-bulan biasa. Selain harga yang juga sedang merangkak naik, keperluan akan produk-produk tertentu diperlukan dalam jumlah banyak.

Belum lagi mempersiapkan bujet untuk sekadar menjalankan tradisi membeli baju baru, dan juga memberikan hadiah Lebaran untuk keluarga besar tercinta.

Anda perlu melakukan pengaturan keuangan untuk terpenuhinya berbagai keperluan, saat Ramadan dan hari raya nanti.

Bagaimana cara untuk mengatur uang saat bulan Ramadan? Berikut ulasannya:

1. Hindari Belanja di Bazar
Menjelang Ramadan dan mendekati hari raya nanti, di setiap mal biasanya ada banyak bazar dengan penawaran menarik, terutama produk fesyen dengan diskon yang cukup tinggi. Para wanita biasanya sangat suka melihat-lihat produk fesyen dengan label diskon.

Saat produknya ternyata bagus dan sesuai dengan keinginannya, maka produk itu akan dibeli. Tidak berhenti sampai di situ, bazar juga menyediakan produk pendukung lainnya, seperti aksesori, tas, dan sepatu.

Sebaiknya, Anda berbelanja di bazar seperlunya saja. Batasi pengeluaran karena akan banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Halaman
12
Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved