(VIDEO) BI Paparkan Diversifikasi Ekonomi

Diversifikasi ekonomi dibutuhkan oleh Indonesia termasuk Sumatera.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Diversifikasi ekonomi dibutuhkan oleh Indonesia termasuk Sumatera. Diversifikasi ekonomi ini sangat penting, sebab bisa mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Solikin M Juhro dalam Media Briefing yang berlangsung di Summit Bistro, Kamis (28/7).

Solikin memaparkan, saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berkisar 5,0-5,5 persen. Padahal di tahun 90-an, pertumbuhan perekonomian Indonesia berada di angka 6,7 persen. Lalu, memasuki tahun 97 saat krisis ekonomi, perekonomian Indonesia justru minus 13,1 persen. Kemudian saat bangkit dari krisis, perekonomian sempat tumbuh 5,8 persen.

Tahun lalu, perekonomian tumbuh 4,8 persen dan saat ini pertumbuhan ekonomi berkisar 5,0-5,5 persen. "Dengan pertumbuhan yang hanya 5,0-5,5 persen ini, maka perekonomian kita dikatakan lower middle income. Untuk bisa mencapai upper middle income, maka perekonomian kita harus tumbuh diatas 5,5 persen atau diatas 6 persen. Untuk mencapai angka tersebut maka dibutuhkan diversifikasi ekonomi," ujar Solikin.(*)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Gustina Asmara
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved