Kamu Bisa Kaya dengan Lima Kiat tanpa Menambah Penghasilan

Apakah kamu ingin menjadi kaya secara finansial? Untuk mencapainya, biasanya orang akan mengejar kekayaan finansial dengan meningkatkan penghasilan

Kamu Bisa Kaya dengan Lima Kiat  tanpa Menambah Penghasilan
shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Apakah kamu ingin menjadi kaya secara finansial? Untuk mencapainya, biasanya orang akan mengejar kekayaan finansial dengan meningkatkan penghasilan setinggi-tingginya.

Bisa dengan meminta kenaikan gaji, mencari pekerjaan baru, merintis usaha baru, dan sebagainya. Pertanyannya, mungkinkah kamu bisa tetap menjadi kaya sekalipun penghasilan nyaris tidak bertambah?

Kenyataannya memang bisa, meski mungkin tidak secepat mereka yang berhasil meningkatkan penghasilannya setinggi mungkin. Simak beberapa caranya berikut ini:

1. Perbanyak menabung dari penghematan yang kamu lakukan

Coba periksa bak-baik apa saja jenis pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Kalau kamu sering menghamburkan uang untuk merokok atau makan junk food, kamu bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri ketimbang meningkatkan penghasilan bulanan kamu, bukan?

2. Simpan semua receh yang kamu terima

Saat kamu membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali kamu mendapat kembalian dalam bentuk receh. Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples.

Jangan kaget dengan jumlah receh yang berhasil kamu kumpulkan. Misalkan kamu menabung receh setiap hari sebesar Rp 500. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp 15 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp 180 ribu. Yah meskipun tidak begitu banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan kamu.

3. Manfaatkan diskon

Kamu tentu tahu kalau saat ini ada banyak sekali situs di Indonesia yang menawarkan kupon atau voucher diskon. Manfaatkan situs ini untuk membeli barang atau kebutuhan lain yang memang dibutuhkan saja agar kamu tidak menjadi boros. Kamu juga bisa mengajak teman apabila syarat penggunaan voucher/kupon diskon tersebut cukup berat.

Halaman
12
Editor: soni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved