Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) OJK Sebut Cuma 36 Persen Penduduk Indonesia yang Menabung di Bank

Menurutnya, angka 36% tersebut masih rendah, jika dibandingkan negara lain, seperti Singapura, Tiongkok, dan Brazil.

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Hingga saat ini, baru 36% penduduk Indonesia yang memanfaatkan askes keuangan, seperti menabung, termasuk di Lampung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung Untung Nugroho, dalam Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Lampung di Aston Lampung City Hotel, Selasa (4/10/2016).

Menurutnya, angka 36% tersebut masih rendah, jika dibandingkan negara lain, seperti Singapura, Tiongkok, dan Brazil. Bahkan di Asean, Indonesia menempati urutan ke-34 negara yang memanfaatkan akses keuangan.

Ada beberapa penyebabnya, di antaranya masih kurangnya budaya menabung, beberapa orang yang memiliki uang namun tidak menabung di bank, serta jaringan industri keuangan yang masih belum merata. Itu terlihat dari jumlah bank yang lebih banyak ada di kota.
Selain itu, aturan bank yang kaku juga menyebabkan beberapa orang enggan untuk menabung.

"Untuk mengatasi hal tersebut, tim TPAKD Provinsi Lampung akan menerapkan empat pilar. Pertama, edukasi keuangan. Kedua, hak properti masyarakat. Ketiga, fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan. Keempat, layanan keuangan pada sektor pemerintah dan perlindungan konsumen," ujar Untung.

Untung mencontohkan, untuk pilar ketiga, yaitu fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan, tim akan melihat hal apa saja yang menyulitkan masyarakat untuk menabung. Ketika kesulitan tersebut ditemukan, solusi segera dicari.

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved