Wow, Oknum Guru Jual Kunci Jawaban USBN Rp 25 Ribu per Pelajaran

"Satu mata pelajaran, satu murid bisa mendapat kunci jawaban dengan membayar Rp 25.000. Kalo satu sekolah muridnya ada 300 aja, udah berapa itu"

Wow, Oknum Guru Jual Kunci Jawaban USBN Rp 25 Ribu per Pelajaran
KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO
Ilustrasi Ujian Nasional 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2016/2017 untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat, yang berlangsung pada 20-23 Maret 2017, ternyata menyisakan masalah.

Diduga, pelaksanaan USBN diwarnai pelanggaran.

Koordinator Tim 7 Bidang Pendidikan Ombudsman RI, Rully Amirulloh, mengatakan bahwa pihaknya menemukan adanya oknum guru yang menjual kunci jawab USBN kepada siswanya sebesar Rp 25.000.

"Ditemukan guru sekolah setempat membuat kunci jawaban setelah mendapatkan soal USBN. Kunci diberikan kepada siswa dengan pungutan setiap peserta ujian sebesar Rp 25.000 untuk memperoleh kunci jawaban," kata Rully saat presentasi di media center Ombudsman, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).

Temuan ini ia dapatkan di salah satu SMA yang berada di Jakarta Timur, ketika melakukan investigasi langsung ke lapangan.

Pemantauan dilakukan di beberapa sekolah dan sekolahnya pun dipilih secara acak, dengan periode 20 sampai 23 Maret 2017, di daerah Jabodetabek.

Pemantauan Ombuds­man di sejumlah sekolah menggunakan metode observasi langsung dan wawancara.

Ombudsman memukan total ada 10 (sepuluh) maladministrasi selama pelaksanaan USBN.

"Ombudsman menemukan beberapa dugaan maladministrasi di Jabotabek untuk sekolah SMA, SMK, Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Kejuruan, dan sederajat," ujar Rully.

Dijelaskan, dugaan maladministrasi dibedakan menjadi empat kategori, yakni kategori peserta, pengawas, penyelenggara, dan temuan lainnya.

Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved