Breaking News:

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) TKSCI Chapter Lampung Kopdar Asyik Bareng Anggota Keluarga

“Jadi kalau kumpul wajib bulanan itu kan pasti rame sekali bisa tiga ratusan orang dihitung jumlah member plus keluarganya juga"

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Toyota Kijang Super Community Indonesia (TKSCI) Chapter Lampung ialah sebuah komunitas mobil yang didalamnya terkumpul khusus bagi para pemilik kendaraan berjenis/tipe Kijang Super yang diproduksi rentang tahun 1986 sampai 1996, berhubung memang jenis kijang ini diproduksi pada tahun tersebut.

Untuk kegiatannya sendiri TKSCI Chapter Lampung memiliki agenda kopdar wajib yang biasanya dilakukan setiap sebulan sekali di masing masing wilayah dimana TKSCI berada.

“Berhubung anggotanya tersebar di seluruh kabupaten kota Lampung (kecuali di Kabupaten Way Kanan dan Mesuji yang belum ada) maka untuk berkumpulnya, kami itu akan berkeliling berpindah dari satu kabupaten kekabupaten lain agar sama rata,”ujar Debby Sanjaya, Ketua Umum  TKSCI Chapter Lampung.

Disaat kopdar wajib ini, biasanya tradisi dari komunitas ini ialah membawa turut serta keluarganya untuk ikut bergabung dalam acara kegiatan yang berlangsung, dan kopdar wajib ini dilakukan ditemat tempat wisata yang sekira asyik bagi mereka untuk menghelat acaranya.

“Jadi kalau kumpul wajib bulanan itu kan pasti rame sekali bisa tiga ratusan orang dihitung jumlah member plus keluarganya juga. Nah acaranya sendiri kopdar wajib ini macem macem, misalnya yang ibu-ibu atau kaum wanitanya itu biasanya adain arisan, yang laki laki atau membernya bincang bincang seputaran agenda komunitas dan adakan semacam game-game menarik untuk memperkuat silaturahmi kita dan refreshing juga,”tutur Debby lagi.

Selain kumpul wajib bulanan, masing-masing anggota TKSCI yang berada dimasing wilayah kabupaten kota juga akan melakukan acara berkumpul ditempatnya masing-masing setiap seminggu sekali, misalnya untuk member yang berada diwilayah Bandarlampung akan berkumpul sesamanya diwilayah Kota, begitu juga member yang berada diwilayah kabupaten lainnya seperti Tanggamus, Metro, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan dan seterusnya.

TKSCI juga seringkali melakukan agenda touring keluar Lampung, khususnya jika ada acara atau hajat dari TKSCI yang berada diprovinsi lain. Dalam hal touring ini, TKSCI Chapter Lampung pernah mengalami pengalaman menarik, salah satunya yaitu disaat menghadiri acara komunitasnya yang berada di Jawa Barat.

“Biasanya kita selalu menghadiri acara dari temen-temen dari TKSCI yang berada diluar provinsi Lampung seperti acara anniversary misalnya, dan saat ini kita sudah touring keluar Lampung seperti ke Jambi, jakarta, Tangerang, Banten Kulon dan yang paling jauh kita sudah touring ke Yogyakarta,”tutur pria pemilik Kijang Super Long tahun 1990 ini.

Dalam urusan touring, lanjut Debby, ada cerita tersendiri yang diingat saat menghadiri acara  TKSCI “Jabar Akbar” pada November 2016 di Jatinangor, Sumedang, Jawa barat.  Pada saat itu, TKSCI Chapter Lampung merupakan anggota member paling jauh dari Sumatera yang menghadiri acara tersebut. Lucunya disaat mereka sampai di acara helatan ternyata dilokasi masih sepi alias TKSCI datang terlalu pagi.

“Waktu acara tersebut, Chapter Lampung berangkat dengan Tiga mobil dan total jumlah member yang ikut ada 15 orang. kita merupakan member  dari sumatera paling jauh yang datang pada acara tersebut, dan kita ternyata datang kepagian. Jadi pas sampai disana belum ada panitia dan siapa-siapa disana. Mau check ini hotel juga masih kepagian karena masuk hotel kan biasanya pukul 12 siang. Tapi akhirnya kita bisa juga check ini pada pagi tersebut,”ungkap Debby.

Adapula kejadian lucu lainnya yang dialami oleh para member TKSCI Lampung, seperti pada saat menghadiri acara Munas TKSCI yang diadakan di Kuningan, Jawa Barat pada tahun 2016 kemarin. Mereka nonstop ny selesai nyaris tanpa istiraha dari mulai perjalanan sampai pulang kembali ke Lampung.

“waktu itu dari Lampung kita  aberangkat malem, lalu di  kena macet didaerah Cikampek selama 4 jam, dan sampai tujuan di Kuningan sekitar jam 3 sore,  yang langsung mengikuti kegiatan Munas sampai pukul 10 malam. Nah selesai Munas itu kita langsung kembali lagi melakukan perjalanan pulang ke Lampung. jadi kita nyaris gak mejem mata atau istirahat, dari mulai berangkat sampai pulang lagi kita sampai gak sempat mandi,gak karuan lah,’tuturnya sambil tertawa.

TKSCI memiliki konsep kekeluargaan, yang artinya tujuan dari dibentuknya komunitas ini ialah mencari keluarga baru. dalam kedepannya, TKSCI memiliki program kegiatan donor darah dan khitanan massal yang kemudian direncanakan akan menjadi agenda sosial rutin komunitas ini, dan juga rencana setiap bulannya mereka akan mengupayakan untuk menyisihkan dana dari masing-masing membernya untuk disumbangkan kepada panti-panti asuhan.

Tags
TKSCI
Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved