Ternyata Air Es dan Air Dingin Berbeda, Begini Dampaknya pada Tubuh Seusai Berolahraga

Air dingin berkisar pada suhu 4 hingga 15 derajat Celsius. Suhu air es rata-rata berada di bawah 4 derajat Celsius.

Fitgirlcode
Ilustrasi minum air dingin seusai berolahraga 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menenggak segelas air es seusai berolahraga biasanya dapat langsung menghilangkan dahaga. Tapi, ada berbagai risiko kurang baik jika kita membiasakan minum air es.

Sebelum memahami pengaruh minum air es pada tubuh setelah berolahraga, kita perlu mengetahui bahwa air es dan air dingin tidaklah sama.

Air dingin berkisar pada suhu 4 hingga 15 derajat Celsius. Suhu air es rata-rata berada di bawah 4 derajat Celsius.

Ini berarti memasukkan satu atau dua butir es batu tidak lantas menjadikan air kita sedingin es, namun hanya mendinginkannya. Bila mengukur suhu air sulit dilakukan, coba rasakan sendiri saat minum karena biasanya air es akan menyebabkan gigi kita ngilu.

Benarkah minum air es setelah berolahraga bisa bikin langsing lebih cepat? Banyak orang percaya bahwa minum air es setelah berolahraga bisa membantu kalori terbakar lebih banyak sehingga mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan tergoda untuk mencoba metode ini.

Baca: WOW Inikah Olahraga Jaman Now? Presenter Cantik Naik Treadmill Pakai High Heels dan Gaun

Minum air es setelah suhu badan meningkat karena olahraga memang akan membakar kalori. Namun pada kenyataannya, kalori yang terbakar dalam proses menghangatkan atau menyesuaikan suhu air es dengan suhu badan yang panas setelah berolahraga sangatlah sedikit.

Untuk membakar sekitar 15 kalori, kita harus menghabiskan dua gelas air es atau setara dengan 400 mililiter. Itu berarti untuk mengurangi 1 kilogram dari berat tubuh, kita harus menenggak 102 liter atau setara dengan 400 gelas air es.

Maka, minum air es setelah berolahraga bukanlah cara yang tepat atau efektif jika ingin menurunkan berat badan.

Benarkah organ-organ tubuh akan kaget karena air es yang terlalu dingin? Kita juga mungkin pernah mendengar larangan untuk minum air es setelah berolahraga karena suhu tubuh jadi panas, sementara air es akan membuat organ-organ dalam tubuh yang tersiram “kaget”.

Halaman
123
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved