BREAKING NEWS LAMPUNG

Ada Temuan Kebun Ganja di Tanggamus, Ini Komentar Sekkab Andi Wijaya

Sebab, temuan kebun ganja berada di lahan cadangan PT Tanggamus Indah yang selama ini membudidayakan tanaman karet.

Ada Temuan Kebun Ganja di Tanggamus, Ini Komentar Sekkab Andi Wijaya
tribun lampung/tri yulianto
Kebun ganja di lereng Gunung Tanggamus. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Sekkab Tanggamus Andi Wijaya menyesalkan adanya temuan kebun ganja di wilayahnya. Menurut dia, ini harus menjadi pelajaran agar tidak ada lagi kebun ganja di tempat lain. 

Andi meminta jangan ada pihak yang memanfaatkan lahan untuk budi daya tanaman terlarang. Sebab, temuan kebun ganja berada di lahan cadangan PT Tanggamus Indah yang selama ini membudidayakan tanaman karet.

"Masalah ini kami akan pelajari dulu. Sebab, tidak seluruhnya lahan yang disewa PT TI dikelola perusahaan tersebut. Dan sisa lahan disewakan ke masyarakat untuk mengelolanya. Maka ada peran masyarakat juga di dalam lahan yang digunakan PT TI," terang Andi, Kamis, 8 Maret 2018. 

Baca: Siapakah Pemilik Kebun Ganja di Gunung Tanggamus? Begini Kata Polisi

Baca: VIDEO: Aparat Bongkar Kebun Ganja di Lereng Gunung Tanggamus

Selanjutnya, Pemkab Tanggamus akan membina masyarakat, khususnya pengelola lahan perkebunan dan hutan agar memanfaatkan lahannya untuk budi daya komoditas yang tidak dilarang.

Ia menambahkan, dalam kegiatan pembongkaran kebun ganja, ada personel Satpol PP dan Badan Kesbangpol yang ikut serta. Hasil dari kegiatan dua instansi tersebut akan jadi bahan rapat bersama di internal pemkab. Nanti apa hasilnya juga akan disampaikan kepada PT TI. 

Menurut Kepala KPHL Kota Agung Utara Zulhadir, selama ini pihaknya selalu memberi pembinaan ke pengelola hutan tentang tanaman yang dilarang sebagai antisipasi tanaman ganja di tanam hutan lindung. 

"Selama ini belum pernah kami temukan. Kalau ketemu juga akan dilaporkan ke polisi. Sebab, itu kewenangan mereka," ujar Zulhadir. 

Ia mengaku, selama ini personel polisi kehutanan rutin patroli. Selain untuk menjaga hutan, juga mencegah pemanfaatan hutan untuk tindakan yang melanggar. (*) 

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved