VIDEO: Begini Prosesi Jalan Salib di Way Kandis

Dimulai saat Yesus dijatuhi hukuman mati oleh Pilatus hingga wafat dan dimakamkan. Semuanya digambarkan dalam 14 peristiwa.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Ratusan jemaat mengikuti prosesi Jalan Salib atau Via Dolorosa di halaman Gereja Santa Maria Immaculata, Way Kandis, dengan khidmat, Jumat, 30 Maret 2018 pagi.

Prosesi Jalan Salib ini menggambarkan penderitaan bagi Yesus Kristus sebelum wafat di kayu salib. Dimulai saat Yesus dijatuhi hukuman mati oleh Pilatus hingga wafat dan dimakamkan. Semuanya digambarkan dalam 14 peristiwa.

Menurut salah satu jemaat, Chorolina, selama prosesi Jalan Salib ia bisa melihat dan merasakan betapa berat perjuangan Yesus Kristus memanggul kayu salib yang besar.

Baca: Belum Punya SIM, Pengemudi Taruna ”Maut” Remaja 17 Tahun

Baca: Sebelum Tewas Terjepit, Sopir Pikap Sempat Minta Tolong

"Ya selama prosesi Jalan Salib ini saya dapat merasakan betapa berat perjuangan Yesus," ungkapnya.

Masih kata dia, ada keharuan tersendiri saat mengikuti prosesi Jalan Salib. "Apalagi saat Yesus memanggul kayu salib yang besar dan berat dengan tubuh penuh luka serta kepala berlumuran darah akibat tertusuk mahkota duri," tutupnya.

Pantauan Tribun Lampung, sedikitnya 30 jemaat terlibat dalam prosesi Jalan Salib. Prosesi ini pun diarak oleh para jemaat, mulai dari halaman depan, memutari gereja, hingga berakhir di belakang gereja. (*)

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved