Kenapa Hiu Paus Terdampar? Ini Penjelasan Sainsnya

Saat mencari mangsa, hiu paus ini tersesat ke perairan yang dangkal dan tidak bisa kembali ke laut.

Kenapa Hiu Paus Terdampar? Ini Penjelasan Sainsnya
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Nelayan membebaskan hiu tutul ke laut lepas. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Bayu Saputra

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Terdamparnya hiu paus di perairan teluk Lampung membuat warga bingung. Pasalnya, peristiwa itu sudah sering terjadi.

Menurut Qadar Hasani, dosen Perikanan Universitas Lampung, ada beberapa kemungkinan fauna bernama latin rhincodon typus itu terdampar. Faktor pertama adalah hewan berukuran raksasa tersebut terdampar saat mencari makan. 

"Seperti yang kita tahu, hiu paus kan makan dengan menyaring atau mengisap ikan-ikan berukuran kecil. Ikan yang masih kecil ini biasanya banyak ditemukan di perairan dangkal," jelas Qadar, Selasa, 3 April 2018.

Karena perairan dangkal umumnya lebih subur dan banyak tersedia nutrisi. Saat mencari mangsa, hiu paus ini tersesat ke perairan yang dangkal dan tidak bisa kembali ke laut.

Seekor hiu paus terdampar di pesisir Teluk Sukaraja, Selasa, 3 April 2018. Orang yang menemukannya adalah Fredi, nelayan setempat. 

Ia setiap hari menjaring ikan dari bibir pantai dengan menggunakan perahu. Tapi, tangkapannya hari ini tidak biasa. Ia mendapati seekor hiu tutul berukuran raksasa yang masuk ke jaringnya.

"Saya kaget ada ikan hiu yang masuk ke jaring saya. Saya menduga hiu ini memakan ikan dan plankton yang saya jaring ini," kata Fredi kepada Tribunlampung.co.id.

Hiu paus tersebut diperkirakan memiliki panjang 15 meter dan berat 5 ton. Setelah itu, para nelayan melepaskan hiu raksasa tersebut ke alam liar.

(*)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved