Hari Buruh Sedunia

May Day di Mesuji, Tuba, Lampura, Way Kanan: Aksi Konvoi, Doa Bersama, hingga Potong Tumpeng

Sekitar 3.000 anggota dan simpatisan PPMWS dan AGRA Ranting Moro-moro, Mesuji, menggelar aksi May Day.

May Day di Mesuji, Tuba, Lampura, Way Kanan: Aksi Konvoi, Doa Bersama, hingga Potong Tumpeng
Istimewa
Anggota dan simpatisan PPMWS dan AGRA Ranting Moro-moro, Mesuji, menggelar pawai simpatik dalam aksi Hari Buruh Sedunia, Selasa (1/5/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ENDRA ZULKARNAIN DAN ANUNG BAYUARDI

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Sekitar 3.000 anggota dan simpatisan Persatuan Petani Moro-moro Way Serdang (PPMWS) dan Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Ranting Moro-moro, Mesuji, berkonvoi kendaraan dalam aksi Hari Buruh Sedunia, Selasa (1/5/2018).

Pawai simpatik May Day berlangsung dari Tugu Tani Simpang Asahan hingga Simpang D, jalan lintas timur Sumatera.

Made Wastre selaku koordinator lapangan aksi menyatakan, kaum buruh dan tani seperti kehilangan harapan untuk memperbaiki hidup dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 yang membatasi upaya perbaikan upah kaum buruh.

"Sementara, pemerintah tidak mampu mengendalikan harga kebutuhan pokok yang terus melambung tinggi," katanya.

Ketua PPMWS Syahrul Sidin menjelaskan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mesuji seharusnya lebih memperhatikan nasib buruh, khususnya buruh tani harian lepas di perkebunan.

"Mereka bekerja dalam kondisi sangat berisiko dengan upah yang rendah. Residu obatan-obatan pertanian kimia dan tingginya beban kerja masih terus terjadi," tukasnya.

Di Tulangbawang, peringatan May Day berlangsung dengan syukuran dan doa bersama jajaran Polres Tuba yang mengundang Serikat Pekerja Seluruh Indonesia setempat di Gedung Serbaguna Wira Satya Polres.

"Unik saya rasa, sangat soft. Saat teman-teman lain sibuk berunjuk rasa menyampaikan aspirasi, di sini justru doa bersama," ujar Ketua SPSI Tuba Joni.

"Tapi, kami tetap satu suara dengan tuntutan para buruh dan aktivisi seperti yang berada di Jakarta, Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Mesuji, yakni penghapusan sistem outsourcing (pekerja alih daya)," sambungnya.

Halaman
12
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved