Jelang Ramadan, Harga Beras Medium Rp 8.800 per Kg

di pasar Kangkung didapati harga beras dengan kualitas Medium Rp 8.800 - Rp 9.450 per kilogram.

Jelang Ramadan, Harga Beras Medium Rp 8.800 per Kg
Ist
Perum Bulog Divisi Regional Lampung bersama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Lampung dan Polda Lampung (SATGAS Pangan) melakukan peninjauan Harga Beras di beberapa pasar di Bandar Lampung, Kamis (3/5). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan (Bulan Suci Ramadhan), Perum Bulog Divisi Regional Lampung bersama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Lampung dan Polda Lampung (SATGAS Pangan) melakukan peninjauan Harga Beras di beberapa pasar di Bandar Lampung, Kamis (3/5).

Ini merupakan salah satu langkah dini untuk mengetahui perkembangan harga beras di pasaran dalam menghadapi bulan ramadan.

Baca: Boleh Dicoba Nih, Tips Merawat Hijab Agar Awet ala Laudya Cynthia Bella

Dalam pantauan tersebut, di pasar Kangkung didapati harga beras dengan kualitas Medium Rp 8.800 - Rp 9.450 per kilogram dan beras kualitas Premium berkisar antara Rp 11.500 - Rp 12.500 per kilogram.

Baca: Menginspirasi, Begini Penampakan Dekorasi dan Biaya Aqiqah Anak Ketiga Shireen Sungkar

Sedangkan di Pasar Pasir Gintung harga Beras Medium berkisar Rp 8.500 - Rp 9.500 per kilogram dan untuk kualitas Premium berkisar Rp 11.500 - Rp 12.000 per kilogram.

Kondisi tersebut sejalan dengan rilis BPS (Badan Pusat Statistik) yang pada bulan April Kota Bandar Lampung mengalami Deflasi sebesar -0,01 persen dengan komoditi Beras sebagai penyumbang Deflasi sebesar 0,36 persen.

Baca: Netizen Gak Percaya Harga Jam Ayu Ting Ting Rp 204 Juta, Ternyata Segini yang Sebenarnya

Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik BULOG Divre Lampung Joko Tri Septanto mengatakan, stok yang tersedia di BULOG cukup sampai dengan penyaluran 6 bulan kedepan.

"Dan kami masih akan melakukan penetrasi pasar untuk beras kualitas medium sehingga harga beras di pasaran sesuai dan/atau dibawah HET dalam Permendag No. 57 untuk Beras Medium Rp 9.450/kg dan Premium Rp 12.800/kg," jelasnya dalam rilis.

Ia menambahkan, stok yang terdapat di BULOG Lampung kemungkinan masih akan terus mengalami penambahan seiring dengan masih berjalannya proses pengadaan (Penyerapan Gabah/Beras) dari petani yang dilakukan (beli) oleh BULOG Lampung. "Rata-rata pemasukan kita per hari 800 – 1.000 ton," imbuhnya. (ana/*)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved