Ramadan 1439 H

Siswa SMPN 1 Tanjungsari Kumpulkan Dana Infak Bantu Warga Kurang Mampu

Khusus selama bulan Ramadan di SMPN 1 Tanjungsari tengah diadakan pengumpulan dana infak yang nantinya akan dibagikan kepada warga kurang mampu

Siswa SMPN 1 Tanjungsari Kumpulkan Dana Infak Bantu Warga Kurang Mampu
Tribunlampung/Ana
Pengumpulan infak setelah salat duha di SMPN 1 Tanjungsari. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Suasana yang sedikit berbeda saat pagi hari bulan Ramadan di SMPN 1 Tanjungsari, yang beralamat di Jalan Raya Kertosari Nomor 51 Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan.

Setiap pagi, lapangan hijau yang berada di tengah-tengah area sekolah dipadati oleh siswa-siswi yang bersama-sama melaksanakan salat sunah duha.

Baca: ODOJ Kota Metro Bagikan 1.000 Paket Takjil di Jalan Jendral Sudirman

Usai melaksanakan salat duha, 20 siswa-siswi yang tergabung dalam jajaran pengurus OSIS nampak dengan telaten mengumpulkan dana infak dari siswa. Selanjutnya, ada juga kegiatan pengambilan beras dari satu kelas ke kelas yang lainnya.

Baca: Inikah Sniper yang Tembak Mati Razan Najjar, Ternyata Bukan Orang Israel?

Dijelaskan oleh Waka Kurikulum SMPN 1 Tanjungsari Tamyis, khusus selama bulan Ramadan di SMPN 1 Tanjungsari tengah diadakan pengumpulan dana infak yang nantinya akan dibagikan seluruhnya kepada warga kurang mampu di sekitar sekolah.

"Selain infak berupa uang, nanti semua siswa juga mengumpulkan beras (bukan zakat), juga untuk dibagikan kepada warga sekitar kurang mampu. Tahun ininkita lakukan dari awal puasa sampai nanti tanggal 7 Juni 2018. Di tanggal 8-9 rencananya akan dilakukan pembagian," jelasnya kepada Tribun, beberapa waktu lalu.

Tak hanya melibatkan siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS, pembiba OSIS dan pembina Rohis SMPN 1 Tanjungsari bekerjasama untuk mengumpulkan bakti sosial siswa ini. Tidak ada batasan untuk bantuan yang diberikan. Semuanya diberikan seikhlasnya dari pasa siswa dan guru.

Ini merupakan tahun ketiga dilakukan kegiatan yang sama di SMPN 1 Tanjungsari. Hanya saja, tahun sebelumnya hanya berupa beras saja. Kegiatan yang juga merupakan program dari OSIS dan Rohis ini tidak lain tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran untuk semua warga sekolah termasuk siswa, guru, staf TU untuk berbagi rezeki.

"Dari sini kita juga berharap dapat merekatkan ukhuwah antara warga sekolah dengan masyarakat. Semampu dan seikhlas kita untuk membantu warga sekitar yang kurang mampu," imbuhnya. (ana puspita)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved