Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Danau Kemuning, Lampung Timur Cocok untuk Tempat Melepas Penat

Kejernihan air Danau Kemuning merupakan daya tarik bagi pengunjung. Selain jernih, air danau alami juga memiliki udara sejuk karena banyak pepohonan.

Tribunlampung/Dennish
Danau kemuning sribawo, lampung timur. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Suasana danau dengan air yang jernih dan udara yang sejuk akan anda dapat ketika berkunjung ke Danau Kemuning Sribawono Lampung Timur. Beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini juga akan menambah betah anda untuk berlama-lama saat mengunjunginya.

Fungsi utama danau ini adalah sebagai sumber pengairan persawahan. Danau Kemuning merupakan salah satu sumber air bagi ribuan hektare areal persawahan yang berada di Kecamatan Bandarsribawono dan Matarambaru. Danau Kemuning juga merupakan sumber air bagi daerah irigasi Way Curup.

Baca: Wahai Para Suami, Ini 3 Keuntungannya Punya Istri Cerewet

Danau ini terletak di Desa Sribawono Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur. Lokasinya tak jauh dari jalan lintas, hanya berjarak sekitar satu kilo meter saja.

Baca: VIDEO - Menu Spesial Pasta dan Salmon Merah Putih di Emersia Hotel and Resort

Dari Kota Sukadana jaraknya sekitar 46 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam setengah. Aksesnya bisa ditempuh via Jalan Lintas Timur Sumatera, kemudian dilanjutkan ke Simpang Sribawono arah ke Bandar Lampung.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung hanya ditarik biaya sebesar Rp 5000 per orang. Selain itu biaya parkir motor Rp. 5000 dan mobil Rp. 10.000.

Selain itu, ada juga beberapa fasulitas yang berbayar yakni sewa ban 10.000 untuk ukuran anak-anak dan 15.000 untuk dewasa. Ada juga sepeda air yang tarifnya ada di kisaran Rp. 20.000 per 20 menit.

Kejernihan air Danau Kemuning merupakan daya tarik bagi pengunjung. Selain jernih, air danau alami juga memiliki udara sejuk karena banyak pepohonan. Bebatuan yang berada di dalam dan sekitar danau juga menambah suasana alami.

Di dekat batu-batuan tersebut pengunjung mandi atau sekadar menikmati kesejukan dan keindahan alam sembari duduk di atas bebatuan untuk melepaskan penat.

Pengunjung juga bisa mendi dibawah pintu keluar air di bendungan yang ada di danau ini. Guyuran airnya akan membawa seolah sedang berada di air terjun. Aktivitas lain yang juga tak boleh dilewatkan adalah menikmati keindahan danau dari atas sepeda air.

Pengunjung bisa mendatangi tiap-tiap sudut danau dengan mengayuh sepeda yang bentuknya unik. Tak perlu takut terkena terik matahari karena sepeda tersebut memiliki atap.

Puas bermain sepeda, pengunjung bisa berfoto di jembatan yang dicat berwarna-warni. Objek ini merupakan spot incaran kaula muda untuk berselfie. Warnanya yang mencolok dan berpadu dengan alam danau yang natural membuat kesan fotogenik yang unik.

Di sekitar danau juga dibangun pondokan dan kantin. Pengunjung tak perlu khawatir lapar setelah puas bermain.  Menu yang disediakan pun beragam mulai dari mie instan, pop mie dan makanan ringan lainnya.

Sambil menyantap makanan, pengunjung juga bisa leluasa menikmati indahnya danau karena kantinnya menghadap ke arah danau.

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved