Kerabatnya Ikut Nyaleg, Pimpinan Bawaslu Lampung Janji Jauhi Konflik Kepentingan

Tiga pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung diketahui memiliki saudara yang maju dalam Pileg 2019 mendatang

Kerabatnya Ikut Nyaleg, Pimpinan Bawaslu Lampung Janji Jauhi Konflik Kepentingan
Fatikhatul Khoiriah 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tiga pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung diketahui memiliki saudara yang maju dalam Pileg 2019 mendatang.

Untuk menghindari konflik kepentingan, tiga pimpinan Bawaslu ini mengaku sudah berjanji lewat papan pengumuman untuk tidak menangani perkara yang ada di daerah pemilihan (Dapil) saudara mereka yang maju pileg.

Hal ini ditegaskan ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah (Khoir) seusai acara Eksaminasi Pilgub Lampung 2018 di Hotel Sheraton, Jumat (31/8).

Baca: Fungsi Pengawasan dan Pencegahan Bawaslu Cukup Baik, Tapi Penindakannya Jadi Catatan

Baca: Bawaslu Loloskan Alhajar ke DCS, KPU Tanggamus Pikir-pikir

Menurut Khoir, berdasarkan Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017, penyelenggara pemilu harus mengumumkan jika ada keluarganya yang mencalonkan diri sebagai legislatif pada tahun 2019.

"Kami sudah clear,  karena saya juga ada keluarga yakni kakak mendaftar sebagai legislatif di Lampung Timur,  ini menjaga agar tidak terjadi konflik kepentingan,  sehingga saya tidak di sana untuk pembagian wilayah pengawasannya," katanya.

Begitu pun Hermansyah anggota Bawaslu lainnya,  karena dia ada saudara yang mencalonkan di Tanggamus dan Lambar dari Perindo,  maka dia tidak ditugaskan dua kabupaten untuk pengawasan wilayah tersebut.

Hal yang  sama akan dilakukan anggota Bawaslu lainnya, Iskardo P Panggar yang  adik iparnya juga nyaleg dari PKB di Way Kanan. "Sehingga kami tidak ikut mengambil keputusan di daerah yang ada saudara nyaleg tadi. Ketika yang bersangkutan misalkan ada sesuatu," pungkasnya. (ben)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved