Breaking News:

Penting Terapkan Gaya Hidup Sehat untuk Memperlambat Proses Arthrosis

Usia terkena arthrotis bisa diperlambat dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Tribunlampung/Sulis
dr Aden Mart Salmen Purba Sp OT 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Usia terkena arthrotis bisa diperlambat dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Selain menjaga berat badan tetap ideal atau tidak kegemukan.

dr Aden Mart Salmen Purba Sp OT mengatakan, lifestyle harus diubah untuk memperpanjang efektivitas gerak sendi. "Gaya hidup yang harus diubah yakni mengurangi beban badan. Berat badan jangan berlebih. Karena itu jadi beban setiap hari yang harus ditanggung," kata Aden.

Baca: Hindari Kebiasaan Salah Ini Agar Pergerakan Sendi Tidak Semakin Kaku!

Untuk aktivitas, terusnya, kurangi aktivitas yang membebani. Seperti terlalu sering naik turun tangga, lari maraton berlebih. "Kalau ada lift naik lift. Hematlah lutut anda. Selain itu kurangi mengangkat beban berat," terangnya.

Baca: Awas, Kegemukan Bisa Mempercepat Terjadinya Arthrosis

Pilihan olahraga paling tepat yakni yang bergerak tapi tidak membebani sendi. Seperti berenang dan bersepeda. Arthrosis merupakan penyakit degeneratif. Kerusakan yg terjadi karena memang dipakai sehingga terjadi aus.

"Hanya bagaimana bertahan supaya lebih panjang usia sendinya. Yang badannya kurus, rajin olahraga biasanya kena baru di usia 50 sampai 60 tahun ke atas," kata Aden.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved