Pemilu 2019

Kapolres Tulangbawang: Anggota Tidak Netral Bisa Dipecat

Anggota Polres Tulangbawang dan jajarannya dituntut mempertahankan netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Kapolres Tulangbawang: Anggota Tidak Netral Bisa Dipecat
Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnaen
Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi bicara soal netralitas anggota Polri dalam Pemilu 2019, Minggu, 24 Maret 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MENGGALA - Anggota Polres Tulangbawang dan jajarannya dituntut mempertahankan netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi menegaskan, seluruh anggota Polri sejatinya harus memosisikan diri sebagai pemelihara kamtibmas, menegakkan hukum, serta sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat.

Dalam konteks pemilu, Syaiful menegaskan, seluruh anggotanya di wilayah hukum Polres Tuba mesti terlepas dari kepentingan kontestasi pemilu.

"Dalam pelaksanaan Pemilu 2019, kami bersikap netral. Sehingga semua anggota Polri di Polres Tulangbawang dituntut untuk tidak memihak kepada siapa pun dalam kontestasi pemilu," tegas AKBP Syaiful Wahyudi kepada Tribunlampung.co.id, Minggu, 24 Maret 2019.

Syaiful pun memberi sinyal akan menindak tegas anggotanya yang didapati tidak netral atau memihak kepada salah satu kontestan pemilu.

Ajak Pemilih Milenial, KPU Lamsel Gelar Konser di Kalianda

Ciptakan Pemilu Damai, 926 Kendaraan Ramaikan Rolling Thunder di Tulangbawang Barat

Sanksi tersebut bisa berupa teguran maupun pemecatan.

"Bagi anggota yang tidak netral akan diberikan sanksi dengan sidang disiplin atau kode etik, dengan ancaman hukuman mulai dari teguran, demosi, sampai pemecatan," tegas mantan Kapolres Pesawaran ini.

Penegasan ini disampaikan Kapolres menyusul maraknya spekulasi yang meragukan netralitas Polri dan penyelenggara pemilu pada pelaksanaan Pemilu 2019

Spekulasi itu sampai-sampai memunculkan tagar #INAelectionObserverSOS yang menjadi trending topic dunia dalam beberapa hari terakhir. (Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnaen)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved