Tribun Bandar Lampung

Disdikbud Bandar Lampung: Sistem Zonasi Pendaftaran SMP Negeri untuk Cegah Kecurangan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri menggunakan sistem zonasi.

Disdikbud Bandar Lampung: Sistem Zonasi Pendaftaran SMP Negeri untuk Cegah Kecurangan
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri menggunakan sistem zonasi. Penerapan sistem zonasi ini sekaligus untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana mengungkapkan PPDB SMPN akan berlangsung pada 17-20 Juni 2019.

Dalam petunjuk teknisnya, jelas dia, pendaftaran akan menggunakan sistem zonasi. Calon siswa-siswi boleh mendaftar di SMPN yang dekat dengan tempat tinggalnya.

"Tahapannya sudah jelas. Panitia PPDB di sekolah wajib menjalankan. Panitia harus bisa melihat secara riil, apa adanya, kondisi calon siswa-siswi di lapangan," katanya, Minggu (19/5/2019).

Eka menerangkan penerapan pendaftaran SMP sistem zonasi bertujuan mencegah terjadinya kecurangan pada PPDB SMPN 2019.

"Sekarang tidak ada lagi orangtua bisa menitipkan anaknya supaya bisa masuk di sekolah yang sesuai keinginan," ujarnya.

Pihaknya pun mengingatkan jangan sampai ada upaya pihak sekolah ataupun oknum di sekolah yang memanfaatkan momen PPDB SMPN ini untuk meraup keuntungan pribadi.

"Jika terbukti ada kecurangan, walaupun tidak digugurkan, calon siswa atau siswi itu akan diarahkan ke sekolah yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Calon siswa-siswi akan ditaruh di sekolah sesuai jarak tempat tinggal yang berdekatan dengan sekolah," jelas Eka seraya berharap mutu pendidikan bisa lebih berkualitas melalui pemerataan pendidikan. (Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved