Tribun Lampung Selatan

15 Personel BPBD Siap Terlibat Operasi Ketupat Selama Libur dan Mudik Lebaran

BPBD Kabupaten Lampung Selatan menyiagakan 15 orang personil tanggap bencananya untuk selama pelayanan mudik dan libur lebaran mendatang.

15 Personel BPBD Siap Terlibat Operasi Ketupat Selama Libur dan Mudik Lebaran
Tribunlampung/Anung
Ilustrasi - Pemudik di Jalintengsum Lampura 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan menyiagakan 15 orang personil tanggap bencananya untuk selama pelayanan mudik dan libur lebaran mendatang.

Personel BPBD ini disiapkan untuk mengantisipasi adanya kejadian bencana selama pelayanan mudik dan libur lebaran di wilayah Lampung Selatan.

Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Lampung Selatan, Afendi mengatakan personil dari BPBD akan terlibat dalam kegiatan operasi ketupat besama dengan institusi Polri. Dimana nantinya aka nada 5 personil dari BPBD akan bertugas di pos-pos pelayanan.

Selain mengikutsertakan personil di operasi ketupat, BPBD juga menyiapkan 5 personil reecue/tanggap bencananya di daerah perairan (pantai). Ini untuk mengantisipasi adanya kejadian-kejadian di wilayah pantai.

“Biasanya kan saat libur lebaran ini tempat-tempat wisata pantai akan ramai dikunjungi. Karenanya kita menyiapkan tim rescue khusus. Termasu dengan perlengakapan dan peralatannya,” kata dia kepada tribun, rabu (22/5).

Disperkim Lamsel Segera Perbaiki Lampu Jalan Rusak di Jalur Mudik

Sedangkan 5 personil lainnya akan berjaga-jaga di kantor (piket) sebagai tim back up dan untuk menerima laporan dari masyarakat. Para personil dari BPBD ini akan bertugas  secara bergantian sesuai dengan jadwalnya.

Perhatian khusus memang diberikan kepada antisipasi kejadian di wilayah pantai. Libur lebaran kerap kali dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur bersama dengan anggota keluargnya ke objek wisata pantai.

8 Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Register 28 Tanggamus Diganjar Hukuman Penjara

Kerap kali, terang Afendi, ada kejadian pengunjung yang terseret ombak dan tenggelam. Karenanya, BPBD pun menyiapkan personil rescue khusus untuk kegiatan patroli pantai.

“Jika ada kejadian seperti adanya pengunjung yang tenggelam atau terseret ombak, kita bisa bergerak cepat. Karenanya kita membagi tim, dan ada tim khusus untuk wilayah pantai,” kata dia.

Afendi pun meminta kepada para pengelola pantai memperhatikan keselamatan pengunjung. Salah satunya dengan menempatkan petugas pengawas guna memantai pengunjung.

Ternyata Ini Penyebab Instagram, WhatsApp, dan Facebook Down di Indonesia Hari Ini. Ada Pembatasan?

Ia juga meminta kepada para pengelola pantai untuk melengkapi dengan papan pengumuman kepada para pengunjung. Seperti pengumuman daerah-deaerah yang tidak bisa digunakan oleh pengunjung berenang serta batas aman bagi pengunjung berenang di pantai.

“Kita pun meminta kalau ada kejadian pengunjung terseret ombat,  pengelola pantai dapat segera melaporkannya.  Tetapi kita berharap setiap pengelola pantai menyiapkan petugas penjaga/pengawas. Karena biasanya saat libur lebaran tempat-tempat wisata akan ramai,” terang dirinya. (Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved