Lebaran 2019

Disnak Jamin Stok Daging Sapi Aman Jelang Lebaran

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan stok sapi, ayam dan telur menjelang lebaran ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disnak Jamin Stok Daging Sapi Aman Jelang Lebaran
Tribunlampung.co.id/Dedi
Penjual daging di pasar Kalianda 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Lampung Selatan mengatakan stok sapi, ayam dan telur menjelang lebaran ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Lampung Selatan, Arsyad mengatakan untuk sapi terdapat 1.000 ekor sapi. Sedangkan untuk ayam potong stok mencapai 360.000 ekor dan telur 34.000 kilogram.

“Ini stok hingga lebaran nanti. InsyaAllah untuk stok aman,” kata dia kepada tribun, senin (3/6).

Arsyad mengatakan untuk permintaan di kabupaten Lampung Selatan tidak akan mengalami peningkatan. Peningkatan justru dari permintaah luar daerah yang mencapai kenaikan 5-10 persen.

“Kalau permintaan lokal relative tidak mengalami kenaikan. Tetapi untuk permintaan luar daerah memang mengalami peningkatan,” ujar dirinya.

Sementara pantauan harga daging di pasar Kalianda saat ini Rp. 135 ribu perkilogram. Sedangkan untuk ayam potong Rp. 50 ribu perkilogram dan telur Rp. 28 ribu perkilogram.

Menurut pedagang daging sapi, H-2 ini ada peningkatan permintaan yang cukup signifikan.

“Sudah ramai warga yang membeli daging. Ini kita pun menyembelih 2 ekor tadi pagi,” terang Agus, seorang pedagang.

Dirinya memperkirakan harga daging kemungkinan bisa menyentuh harga Rp. 140 ribu perkilogram pada esok yang merupakan H-1 menjelang lebaran. Karena biasanya permintaan akan meningkat signifikan.

Sementara itu untuk harga bumbu dapur pun mulai mengalami pergerakan. Untuk bawang putih saat ini berkisar Rp. 40 ribu perkilogram. Sedangkan bawang merah Rp. 35 ribu perkilogram. (tribunlampung/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved