Tribun Lampung Utara

Bulan Depan Pemkab Lampura Gelar Sidang Isbat‎ Nikah di Dua Kecamatan

Pemerintah kabupaten Lampung Utara berencana akan menggelar sidang isbat nikah. Kegiatan akan dilangsungkan pada bulan Juli 2019‎.

Bulan Depan Pemkab Lampura Gelar Sidang Isbat‎ Nikah di Dua Kecamatan
Tribunlampung.co.id/Anung
Kadisdukcapil Lampung Utara Maspardan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Pemerintah kabupaten Lampung Utara berencana akan menggelar sidang isbat nikah. Kegiatan akan dilangsungkan pada bulan Juli 2019‎.

Kepala dinas kependudukan dan Catatan sipil (Disidukcapil) Lampung Utara (Lampura) Maspardan mengatakan, sesuai rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada dua kecamatan yakni Muara Sungkai dan Kecamatan Hulu Sungkai dengan memfasilitasi sekitar 200 pasangan suami istri(pasutri) untuk mendapatkan buku nikah.

Sidang istbat akan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kementerian Agama (Kemenag) dengan sasaran utama pasutri dari kalangan kurang mampu dan belum memiliki buku nikah.

”Rencana kegiatan akan kita laksanakan di Kecamatan Hulu Sungkai dan Muara Sungkai dengan kuota masing-masing kecamatan 100 peserta,” katanya.

Dirinya mengungkapkan untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan dengan mengadakan rapat pertemuan lintas sektoral.

Sementara untuk jadwal pasti pelaksanaan, pihaknya juga masih terus berkoordinasi dan menyesuaikan dengan jadwal Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. 

Dalam rencana kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh pimpinan daerah.

“Untuk langkah persiapan, kita sudah mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait yang terlibat didalamnya, dan waktu pelaksanaan kita sesuaikan dengan jadwal Pak Bupati,” katanya.

"Tujuan dari Istbat ini untuk mengesahkan Surat Nikah bagi mereka yang tidak mempunyai surat nikah agar mereka mempunyai surat nikah dan nantinya keluarga mereka bisa mengurus akte kelahiran bagi anak-anaknya dan sebagainya,” ‎lebih lanjut Ia menerangkan.‎

‎Ia mengatakan sidang isbat di lakukan guna mendukung dan memfasilitasi masyarakat agar memiliki dokumen kelengkapan administrasi yang sah secara negara‎.

Harapannya masyarakat Lampung Utara semuanya memiliki akta nikah, dengan kesadaran mereka sendiri mau mengesahkan perkawinannya biar tidak ada kendala dikemudian hari.

"karena kita harus mempunyai surat nikah supaya nanti dalam setiap urusan bisa lancar tanpa ada kendala, seperti akta kelahiran anaknya, naik Haji, karena semuanya menggunakan surat nikah," katanya.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayaurdi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved