Tribun Lampung Utara

Lampura Dapat Bantuan 120 Ribu Benih Lele dari Pemprov Lampung

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dalam waktu dekat ini akan menyalurkan tambahan bantuan berupa benih ikan

Lampura Dapat Bantuan 120 Ribu Benih Lele dari Pemprov Lampung
Tribunlampung/Endra
Ilustrasi - Tebar Benih Ikan Jelabat 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dalam waktu dekat ini akan menyalurkan tambahan bantuan berupa benih ikan kepada masyarakat yang bermukim diwilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Kepala dinas Perikanan kabupaten (Lampura), Paswani, mengungkapkan sesuai rencana bantuan benih ikan untuk tahap dua ditahun ini diperkirakan akan diberikan untuk masyarakat di Kecamatan Abung Timur pada akhir bulan Juni atau awal Juli nanti.

Dan dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Lampura sifatnya hanya dilibatkan sebagai tenaga pendamping.‎

“Untuk tahap dua ini, kita ada penambahan jumlah bantuan benih ikan lele sebanyak 120 ribu beserta pakannya, nantinya akan diberikan kepada masyarakat Desa Pungguk Lama, Kecamatan Abung Timur,” ujarnya Jumat 28 Juni 2019.

Dikatakan Paswani, hal itu dilakukan dalam rangka upaya Restocking atau dapat diartikan sebagai salah satu langkah perbaikan yang disebabkan oleh kondisi alam, seperti aliran sungai yang mulai mengalami penurunan populasi ikan untuk bisa diberikan bantuan benih ikan guna menjaga keberlangsungan serta menjaga perkembangbiakan berbagai jenis ikan sehingga tidak sampai punah.

“Beberapa waktu lalu kita sudah laksanakan kegiatan sosialisasi serta restocking kedesa tesebut untuk langkah persiapan,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan, diketahui sebelumnya pada tahap pertama di bulan Mei 2019 lalu, masyarakat Desa Pungguk Lama, Kecamatan Abung Timur yang terdiri dari 10 kelompok budidaya ikan (Pokdakan), dengan masing-masing kelompok mendapatkan 12.000 ribu ekor bantuan berupa benih ikan gurame beserta 40 Kg pakan nya telah menerima bantuan.

“Tahap pertama bulan Mei kemarin, 10 poktan sudah menerima bantuan sebanyak 12.000 ekor benih ikan gurame beserta pakannya. Dan untuk hasilnya masih akan kita terus evaluasi,” jelasnya.

Berdasarkan laporan tim pendamping, pada dasarnya masyarakat yang sudah menerima bantuan, sedikit banyak telah mulai merasakan manfaatnya. Namun tidak menutup kemungkinan akibat perubahan kondisi alam dan lainnya, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved