Tribun Lampung Barat

Jelang Festival Kopi, Kadisbun Lambar Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Kopi Robusta

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan menggelar Festival Kopi di Kampung Kopi Pekon Rigis Kecamatan Air Hitam Selasa besok sampai Rabu.

Jelang Festival Kopi, Kadisbun Lambar Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Kopi Robusta
dok humas
Rapat persiapan Festival Kopi dipimpin Bupati Lambar Parosil Mabsus 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMBAR - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan menggelar Festival Kopi di Kampung Kopi Pekon Rigis Kecamatan Air Hitam Selasa besok sampai Rabu (9-10/7/2019).

Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Pemkab Lambar Agustanto Agustanto Basmar mengatakan, ini merupakan kali kedua digelarnya festival kopi. Namun tahun lalu Kampung Kopi Rigis belum diresmikan meskipun acara juga dilakukan di Pekon Rigis.

"Selama ini kita sudah membina petani kopi robusta dari hulu ke hilir di Lampung Barat. Ada berbagai keberhasilan dan kemajuan yang dihasilkan. Bagaimana kopi kita bisa dikenal orang? Untuk itu kami adakan festival berkelanjutan (tiap tahun)," ungkap Agustanto melalui sambungan telepon Senin (8/7/2019) sore.

Rencananya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang akan membuka langsung acara Festival Kopi ini bersama Mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono.

Juga dihadiri kementerian pertanian, kementerian desa tertinggal, kementerian perekonomian, badan ekonomi kreatif, peninjau dari dinas perdagangan Provinsi Jambi, hingga komunitas kopi yang ada di dalam maupun luar Lampung.

"Mereka hadir untuk melihat siapa kita di sini. Melihat langsung petani penghasil kopi robusta sebagai salah satu kopi paling enak di dunia. Jadi bukan hanya sekedar berkunjung tapi bisa melihat kualitas kopi yang kita jual," paparnya.

Menurutnya sudah saatnya petani kopi di Lampung Barat ini mendapatkan tempat dan pasar yang baik. Mendapatkan harga yang pantas dengan kualitas kopi yang akan selalu ditingkatkan mengikuti kebutuhan pasar.

"Ini kopi harus diapresiasi. Petani sudah bekerja keras. Beri harga yang baik, masalah mutu kita akan terus perbaiki," tambahnya.

Di luar acara festival, juga akan ada peluncuran buku karya putera daerah Zulkarnain Zubairi berjudul Ngupi Pai 'Sesobek Kecil Ulun Lampung dan acara pelantikan Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) Lampung oleh Ketua Umum Dekopi Pusat Anton Apriyantono.

Selain pelantikan pengurus Dekopi Lampung, hadir juga seluruh Pengurus Dekopi Pusat bahkan Wakil Ketua Umum Dekopi Mahatma Gandi owner DMC Coffee, Sekjen Jamil, Bendahara Umum Lisa bersama Karina (owner Blue Bird Group).

Gubernur akan Buka Festival Kopi, Mantan Menpan Lantik Dekopi Lampung. Inilah Agenda Festival Kopi!

"Hadir juga beberapa calon investor di bidang Kopi dan Pengurus Dekopi Sumsel serta Dekopi Bengkulu," Mukhlis Basri, Ketua Dekopi Lampung.

Mukhlis mengajak masyarakat Lambar untuk menyukseskan acara Festival Kopi di Lampung Barat dengan menjadi tuan rumah yang baik dan ramah. "Jadikan ini momentum untuk mengembangkan produktivitas perkopian di Lampung," ungkap Anggota DPR RI terpilih di Pileg 2019 itu

(Tribunlampung.co.id/Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved