Tribun Lampung Tengah

Siapkan Pembina Pramuka yang Mumpuni, Gudep Bustanul Ulum Gelar Kursus Mahir Dasar

Gerakan Pramuka Gugus Depan Bustanul Ulum menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Eka Pura ke 374-375-376 selama enam hari yakni tanggal 6 - 11 Juli 2019

Siapkan Pembina Pramuka yang Mumpuni, Gudep Bustanul Ulum Gelar Kursus Mahir Dasar
Ist
Peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) Eka Pura ke 374-375-376 di Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Gerakan Pramuka Gugus Depan Bustanul Ulum menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) Eka Pura ke 374-375-376 selama enam hari yakni tanggal 6 - 11 Juli 2019.

Sedikitnya ada 100 peserta dalam kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum, Jayasakti, Lampung Tengah ini.

Ketua Panitia KMD Eka Pura ke 374-375-376 Lutfi Zamharir mengatakan, KMD yang merupakan kegiatan rutin yang digelar di Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum ini merupakan satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pembina/pendidik pramuka dengan kemampuan mumpuni di gugus depan.

Melalui KMD, lanjut dia, para pembina pramuka tersebut mendapatkan pembekalan berupa materi yang dikemas dalam kegiatan di dalam ruangan maupun outdoor seperti penghayatan siaga, penggalang, penegak hingga aktivitas outbond.

Dari pembekalan materi yang diberikan, diharapkan para pembina memiliki kemampuan, kelayakan, keterampilan dan kemauan sebagai bekal utama memberikan pendidikan pramuka di gudep masing-masing.

"Dengan KMD seperti ini kita siapkan pembina pramuka Indonesia yang mumpuni, kreatif, inovatif dan berwawasan luas," jelasnya, Selasa (9/7).

Ditambahkan oleh Pimpinan Kursus Yasmid Sarnubi, Kursus Mahir Dasar dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kemampuan pembina pramuka dalam mengasuh dan mengelola peserta didik.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan kepramukaan dari KMD dan diaplikasikan oleh pembina di gugus depan masing-masing, diharapkan mampu meningkatkan kualitas kepramukaan itu sendiri.

(Tribunlampung.co.id/Ana Puspita Sari)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved