Tribun Bandar Lampung

Hari Ini 1.572 Peserta Jalani Tes UM Lokal UIN Raden Intan

Sebanyak 1.572 peserta Ujian Masuk (UM) Lokal Universitas Islam Negeri Raden Intan akan menjalani tes pada Jumat (12/7/2019) hari ini.

Hari Ini 1.572 Peserta Jalani Tes UM Lokal UIN Raden Intan
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Kampus UIN Raden Intan Lampung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 1.572 peserta Ujian Masuk (UM) Lokal Universitas Islam Negeri Raden Intan akan menjalani tes pada Jumat (12/7/2019) hari ini. Tes tersebut menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Jalur UM Lokal UIN Raden Intan ini merupakan jalur terakhir dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UIN tersebut. Sebanyak 1.572 peserta itu akan memperebutkan kuota sisa sekitar 1.000 kursi.

Dari total kuota 6.000-an orang pada PMB 2019, UIN telah menerima mahasiswa baru sebanyak 2.100 orang dari jalur prestasi atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Kemudian, 3.000-an orang dari jalur reguler tertulis atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

"Para peserta akan mengikuti ujian, Jumat besok (hari ini)," kata Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN Raden Intan Farida, Kamis (11/7/2019).

Catatan UIN Raden Intan, program studi yang paling banyak pendaftar pada UM Lokal adalah Hukum Ekonomi Islam di Fakultas Syariah sebanyak 419 orang.

Masih di fakultas yang sama, Prodi Hukum Tata Negara menjadi terfavorit kedua dengan peserta 306 orang. Kemudian Prodi Komunikasi Penyiaran Islam di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak 126 orang.

Adapun prodi paling sedikit peminatnya adalah Sejarah dan Kebudayaan Islam serta Ilmu Hukum. Pendaftar di dua prodi tersebut hanya dua orang.

Tes UM Lokal UIN Raden Intan terjadwal selama empat hari hingga Senin (15/7/2019) pekan depan. Per hari, tes berlangsung dalam dua gelombang dengan jumlah peserta 200 orang setiap gelombang.

"Jadi dalam sehari akan ada 400 orang yang mengikuti tes. Tempat tes di laboratorium komputer, lantai 2 dan lantai 3 Gedung ICT UIN Raden Intan," ujar Farida.

Setelah tes, para peserta akan menunggu pengumuman hasil hingga 18 Juli. Jika lolos, tahap berikutnya adalah tes urine antara 19-25 Juli. Kemudian, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada 5-8 Agustus.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat UIN Raden Intan Hayatul Islam mengimbau para calon mahasiswa-mahasiswi rajin mengecek informasi terbaru melalui situs radenintan.ac.id.

“Di situs itu, calon mahasiswa yang mengikuti tes bisa melihat pengumuman. Mulai dari jadwal dan lokasi tes, termasuk pengumuman hasil. Selain situs, bisa juga cek di media sosial kami,” katanya.

Pada jalur terakhir UM Lokal, Hayatul menambahkan UIN Raden Intan membuka dua prodi baru. Masing-masing Ilmu Perpustakaan dan Sejarah Peradaban Islam. Dua prodi tersebut berada di Fakultas Adab. 

(Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved