Tribun Bandar Lampung

Mayoritas Rutan dan Lapas di Lampung Overkapasitas

Sebagian besar rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan yang ada di Provinsi Lampung saat ini mengalami overkapasitas.

Mayoritas Rutan dan Lapas di Lampung Overkapasitas
Tribunlampung.co.id/Eka
Diskusi Publik dengan tema "Overcrowding Lapas dan Rutan: Negara Wajib Memanusiakan Manusia" 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebagian besar rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan yang ada di Provinsi Lampung saat ini mengalami overkapasitas.

Dari total sebanyak 16 lembaga pemasyarakatan (lapas)/rumah tahanan (rutan) di Provinsi Lampung terungkap hanya satu yang tidak mengalami overkapasitas.

Hal tersebut terungkap dalam Diskusi Publik dengan tema "Overcrowding Lapas dan Rutan: Negara Wajib Memanusiakan Manusia" yang digelar Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) LBH Bandar Lampung di Kantor LBH Bandar Lampung, Jumat (26/7/2019).

"Dari 16 lapas/rutan hanya satu yang tidak overkapasitas lembaga pembinaan khusus anak yang ada di Kabupaten Pesawaran," terang Muh. Mulyana, Kabid Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Lampung.

Ia menuturkan bahwa persoalan overkapasitas tersebut tentunya tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemenkumham saja tapi juga seluruh elemen hukum.

"Jadi penangananya itu melibatkan seluruh sistem tata peradilan kita mulai kepolisian sampai pengadilan dan muaranya ke Kemenkumham," tuturnya.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam penanganan overkapasitas tersebut misal bagi pengguna narkoba yang ancaman hukuman kurang dari empat tahun bisa dilakukan rehabilitasi.

"Namun pada kenyataan dari data yang ada banyak pengguna berada di rutan/lapas. Tentunya ini akan menyumbang overkapasitas," paparnya.

Sementara Hendri Irawan SH, Hakim PN Tanjungkarang dalam rangka penanganan overkapasitas di Lapas/Rutan menuturkan bahwa tidak semua penyelesaian di persidangan seperti di luar negeri yaitu Amerika.

Ditarget Rampung Akhir Tahun, Ini Sejumlah Fasilitas Stadion Mini di Lapangan Way Dadi

Halaman
123
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved