Kisah Mahasiswa UI Temukan Obat Kanker Serviks, Manfaatkan Racun Duri Ikan Lepu

Tiga mahasiswi Universitas Indonesia (UI) berhasil menemukan obat anti-kanker serviks yang berasal dari racun duri ikan lepu (lion fish).

Kisah Mahasiswa UI Temukan Obat Kanker Serviks, Manfaatkan Racun Duri Ikan Lepu
Kompas.com
Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang menemukan obat anti-kanker serviks yang berasal dari racun duri ikan lepu sebagai alternatif obat dari bahan alami. 

Kisah Mahasiswa UI Temukan Obat Kanker Serviks, Manfaatkan Racun Duri Ikan Lepu

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Tiga mahasiswi Universitas Indonesia (UI) berhasil menemukan obat anti-kanker serviks yang berasal dari racun duri ikan lepu (lion fish).

Penemuan tersebut dapat dijadikan alternatif pengobatan dari bahan alami.

Tiga mahasiswi tersebut yaitu Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer.

Ketiganya merupakan mahasiswa jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik UI.

Penelitian yang dilakukan para mahasiswa dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kematian yang disebabkan oleh kanker serviks di Indonesia.

Pada 2018 saja, berdasarkan data dari platform berbasis web Globoca, terdapat 32.469 kasus, dan sebanyak 18.279 di antaranya berakhir dengan kematian.

Ikan lepu sendiri mengalami spesies invasif dengan tingkat reproduksi dan distribusi tinggi sehingga menyebabkan ledakan populasi mencapai 700 persen.

Akibatnya, terjadilah ketidakseimbangan ekosistem dan penurunan populasi ikan lokal sehingga menimbulkan kerugian bagi para nelayan di sekitarnya.

“Berangkat dari permasalahan tersebut, kami menggali literatur terkait penggunaan Lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam. Terlebih lagi, pengobatan melalui kemoterapi juga belum sepenuhnya efektif karena efek samping yang dihasilkannya,” tutur Mustika.

Kisah 3 Siswa asal Palangkaraya Temukan Obat Kanker dari Bajakah

Fenomena Bajakah Bisa Sembuhkan Kanker, Begini Penjelasan Pakar

Halaman
12
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved