Hotline Public Service

Apakah Konsumen Bisa Dapat Barang Baru Jika Terima Barang dalam Kondisi Rusak

Kepada Yth praktisi hukum. Pada 26 Juli 2019, saya berbelanja satu unit proyektor seharga belasan juta rupiah di sebuah toko lewat online.

Apakah Konsumen Bisa Dapat Barang Baru Jika Terima Barang dalam Kondisi Rusak
Istimewa
Praktisi hukum di Bandar Lampung Gindha Ansori Wayka 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepada Yth praktisi hukum. Pada 26 Juli 2019, saya berbelanja satu unit proyektor seharga belasan juta rupiah di sebuah toko lewat online. Pada 29 Juli 2019, saya menerima barang tersebut dari jasa pengiriman darat.

Namun, kondisi barang itu tanpa packing kayu. Ketika saya terima, proyektor saya ujicoba sekitar 5 sampai 10 menit. Hasilnya, bagus.

Pada 24 Agustus 2019, proyektor saya gunakan perdana untuk acara. Begitu pemakaian 1 jam lebih, proyektor mengalami kerusakan. Kerusakan kemungkinan dari dalam proyektor, bukan karena jatuh atau terkena cairan.

Saya coba melakukan klaim kepada pihak online untuk penggantian proyektor baru. Ternyata tidak bisa karena sudah lewat 15 hari setelah barang tiba.

Begitu juga dengan pihak toko yang menyatakan tidak bisa mengganti proyektor baru. Alasannya, sudah lewat dua pekan. Mereka lalu menawarkan klaim garansi servis.

Hal yang menjadi pertanyaan, apakah saya selaku konsumen berhak mendapatkan barang baru? Sebab, saya membeli barang baru, bukan barang rusak.

Dan, bagaimana dari kacamata hukum? Apalagi proyektornya baru saya pakai sekitar satu jam, kemudian ternyata rusak.

Kedua, kenapa pihak toko tidak melakukan uji coba dalam waktu lama, misalnya 3 jam atau 5 jam? Sehingga, barang untuk konsumen adalah barang yang benar-benar bagus, bukan cacat.

Dan kenapa pihak toko tidak melakukan packing kayu sehingga pengiriman barang benar-benar aman dari benturan selama pengiriman?

Terimakasih atas jawabannya.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved