Tribun Bandar Lampung

Pengusaha Lampung Lapor ke KPK, Ungkap Fee Proyek Susah Hilang dan Sudah Berlangsung Turun-temurun

Para pengusaha yang tergabung dalam sejumlah asosiasi di Lampung mengungkapkan, pemberian fee proyek telah mengakar dan berlangsung bertahun-tahun.

Pengusaha Lampung Lapor ke KPK, Ungkap Fee Proyek Susah Hilang dan Sudah Berlangsung Turun-temurun
Tribun Lampung/Kiki
Kasatgas Korsupgah KPK RI Wilayah III Dian Patria (kiri) seusai acara penandatanganan pakta integritas pengusaha Lampung di Gedung Graha Bintang Malahayati, Bandar Lampung, Jumat (30/8/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Para pengusaha yang tergabung dalam sejumlah asosiasi di Lampung mengungkapkan, pemberian fee proyek telah mengakar dan berlangsung bertahun-tahun.

Tanpa memberi fee, maka pengusaha sulit mendapatkan proyek.

Hal ini diungkapkan oleh para pengusaha saat diskusi bersama KPK RI sebelum acara Penandatanganan Pakta Integritas Pengusaha Lampung Anti Korupsi di Aula Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Jumat (30/8/2019).

Acara yang diinisiasi Komite Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Lampung ini dihadiri langsung Kepala Satgas Korsupgah KPK RI Wilayah III, Dian Patria, serta perwakilan dari asosiasi-asosiasi pengusaha di Lampung.

Dalam momen tersebut, para pengusaha menceritakan, sulitnya mendapatkan proyek lelang sehingga akhirnya tender-tender diwarnai suap dan gratifikasi.

"Itulah yang sekarang terjadi di Lampung, saya sebagai pengusaha, dan berbicara soal korupsi, siap. Gratifikasi ini terjadi di Lampung dan sangat susah dihindari," ungkap Ketua Asosiasi Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (Aspandi) Lampung, Nazamudin.

Menurutnya, selama ini beberapa aturan terkait lelang proyek tidak dijalankan sebagaimana mestinya.

Mulai dari pengumuman persyaratan dari pemda yang tidak menyertakan asosiasi, tender tidak melibatkan pengusaha, lampiran sertifikasi sesuai bidang juga tidak disertakan. Sehingga, terjadilah korupsi dan gratifikasi.

"Kalau dulu ada aturan, setiap ada tender proyek diberitahukan dan asosiasi pengadaannya. Tapi saat ini tidak pernah diundang. Lampiran sertifikasi sesuai bidang tidak dilampirkan untuk mempermudah pemenang proyek. Dan juga pasti ada setoran. Karena tanpa setoran ini, tidak akan dapat proyeknya," katanya.

Ramalan Zodiak atau Horoskop Sabtu 31 Agustus 2019. Libra Mendapat Keberuntungan

Turun Temurun

Halaman
1234
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved