Tribun Tanggamus

Orang Gila Mengamuk di Tanggamus, Warga Lagi Beli Bensin Diterjang Busur Panah

Petugas Polsek Pulau Panggung mengamankan seorang yang diduga gila dan menyerang warga.

Orang Gila Mengamuk di Tanggamus, Warga Lagi Beli Bensin Diterjang Busur Panah
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO RATUSAN SAJAM - Ratusan senjata tajam berbagai jenis yang didapatkan petugas Polsek Pulau Panggung pasca penangkapan Julian, warga Dusun Rawa Gabus, Pekon Petay Kayu, Kecamatan Ulu Belu. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, ULU BELU - Petugas Polsek Pulau Panggung mengamankan seorang yang diduga gila dan menyerang warga.

Menurut Kapolsek Pulau Panggung, Inspektur Satu Ramon Zamora, pelaku bernama Julian Gembar Joyo, warga Dusun Rawa Gabus, Pekon Petay Kayu, Kecamatan Ulu Belu.

Penangkapan Julian bermula dari laporan Ponidi, warga Pekon Sinar Mancak, Kecamatan Pulau Panggung yang dipanah hingga mengalami luka di dada sebelah kanan sedalam satu centimeter.

Dinas Sosial Lampung Utara Rehabilitasi Gratis 15 Orang Gila

"Karena khawatir dapat melukai warga lainnya, Polsek Pulau Panggung yang menerima laporan warga langsung mengamankan pelaku," kata Ramon, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Minggu (15/9).

Ia menambahkan, selama ini Julian diketahui warga menderita gangguan jiwa. Karena sudah berani menyerang warga dan menghindari korban lebih banyak, polisi bertindak dengan menangkapnya.

Ponidi sendiri terpanah ketika membeli bensin di warung milik Karmidi. Saat itu pelaku sedang berada di depan warung. Selesainya korban mengisi bensin, pelaku membidik korban dengan busur panah.

Orang Gila Dipersilakan Masuk ke Rumah karena Dikira Baim Wong, Ini yang Terjadi Kemudian

Namun karena diaganggap hal tersebut hanya main-main sehingga korban bersikap biasa saja. Tetapi tanpa disadari, panah tersebut benar-benar melesat mengenai dada korban. "Setelah memanah korban, pelaku langsung pergi dan korban dibawa ke bidan untuk pertolongan," jelas Ramon.

Penangkapan Julian tergolong dramatis. Saat akan diamankan, dia melarikan diri dan bersembunyi di dalam gubuk di kebun. Sempat dilakukan bujuk rayu petugas dan warga, namun Julian tidak menghiraukan.

Bahkan Julian sempat memanah polisi yang akan masuk ke gubuknya. Akhirnya petugas dan warga sepakat mengambil upaya paksa dengan merobohkan gubuk tempat dia bersembunyi. Dan upaya itu berhasil, Julian pun berhasil ditangkap.

Ratusan Sajam

Usai menangkap Julian Gembar Joyo, saat petugas memeriksa gubuk tersebut, mereka sempat tercengang dengan pemandangan yang ada di dalam gubuk.

Sebab, Julian menyimpan lebih dari seratus senjata tajam berbagai jenis.

Karena dianggap mengkhawatirkan akhirnya semua sajam diamankan petugas Polsek Pulau Panggung.

Terkait kondisi kejiwaan yang dialami Julian, polisi bersama unsur pemerintah kecamatan dan warga sepakat membawanya ke Rumah Salit Jiwa Kurungan Nyawa Pesawaran untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan. (tri)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved