Tribun Bandar Lampung

Ini Kata KPK Soal Dugaan Pungli di Rutan Way Huwi, Bandar Lampung: Rahasia Umum!

Menurut KPK, praktik pungli yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan) sudah menjadi rahasia umum.

Ini Kata KPK Soal Dugaan Pungli di Rutan Way Huwi, Bandar Lampung: Rahasia Umum!
tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi. Ini Kata KPK Soal Dugaan Pungli di Rutan Way Huwi, Bandar Lampung: Rahasia Umum! 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut menyoroti dugaan praktik pungutan liar di Rumah Tahanan Kelas 1A Bandar Lampung atau Rutan Way Hui.

Menurut KPK, praktik pungli yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan) sudah menjadi rahasia umum.

Bahkan upaya menekan pungli dengan memberikan rekomendasi dari kajian yang dilakukan oleh Litbang KPK tidak ada yang dijalankan pihak berwenang yang mengatur lapas dan rutan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Syarif Hidayat kepada Tribunlampung.co.id, Jumat 27 September 2019.

Syarif Hidayat mengatakan, praktik di lembaga pemasyarakatan sampai saat ini belum ada perbaikan, baik di Lampung dan seluruh Indonesia.

"Saya contohkan di Sukamiskin, untuk efek jera kami lakukan OTT terhadap Kalapas Sukamiskin, itu upaya kami, dan sudah kami sampaikan ke Kemenkumham ke Dirjenpas tolong perbaiki," ungkap Syarif Hidayat saat ditemui.

Gedung DPRD Lampung Dipasangi Banner DIJUAL, Pemilik Nomor Teleponnya Kena Teror

Berita Tribun Lampung Terpopuler Jumat 27 September 2019 - Jadi PSK, Wanita Ini Layani 10 Ribu Pria

Syarif Hidayat pun mengakui jika praktik pungli tersebut sulit untuk dihilangkan dan tetap seperti itu saja.

Namun, Syarif Hidayat mengakui jika permasalahan tersebut timbul lantaran overkapasitas baik di rutan maupun lapas, sehingga ada usaha dari luar untuk mencoba memberi pengaruh.

"Kami sudah lakukan upaya melalui rekomendasi, Litbang KPK sudah melakukan kajian lapas yang ideal seperti apa, rekomendasi itu ke Dirjen Pas dan ke Kemenkumham, tapi itu semua tidak ada yang dijalankan," ucap Syarif Hidayat.

Diketahui praktik pungli diduga masih terjadi di Lampung.

Halaman
1234
Editor: Noval Andriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved