Tribun Metro

Kenal Seluk Beluk Metro, Syarat Wajib Balon Partai Golkar

DPD II Partai Golkar Kota Metro mengumumkan syarat wajib bagi bakal calon wali kota dan wakil wali kota setempat.

Kenal Seluk Beluk Metro, Syarat Wajib Balon Partai Golkar
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
RAKOR PILWAKOT - DPD II Partai Golkar Metro menggelar rakor membahas penjaringan bakal calon wali kota dan bakal wakil wali kota di sekretariat partai, Minggu (6/10). Menurut rencana, pendaftaran sekaligus pengembalian berkas akan dibuka pada 7-21 Oktober. 

Kenal Seluk Beluk Metro, Syarat Wajib Balon Partai Golkar

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - DPD II Partai Golkar Kota Metro mengumumkan syarat wajib bagi bakal calon wali kota dan wakil wali kota setempat.

Wakil Ketua Penjaringan Golkar Provinsi Lampung Riza Mihardi mengatakan, pendaftaran sekaligus pengembalian berkas akan dibuka pada 7 Oktober sampai 21 Oktober, Senin sampai Sabtu, pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB di sekretariat.

Golkar Metro Optimistis Menangi Pilwakot 2020

"Penjaringan nantinya akan menyeleksi dan merekomendasikan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk memimpin dan mewujudkan Metro Berjaya," ujarnya, selepas rapat koordinasi di Kantor DPD II Golkar Kota Metro, Minggu (6/10).

Sekretaris Tim Penjaringan Golkar Provinsi Lampung Bambang Purwanto menjelaskan, secara teknis proses penjaringan mengacu dalam UU No 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik tentang penyusunan formulir pendaftaran, sampai penentuan syarat.

"Jadi di antaranya ada formulir identitas, surat pernyataan kerjasama dengan partai, daftar riwayat hidup, pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pernyataan sesuai dengan pedoman Pancasila, pernyataan mengenal daerah Kota Metro," bebernya.

Pilwakot Metro 2020, Empat Tokoh Daftar Penjaringan PAN

Selain itu membuat pernyataan belum pernah menjabat sebagai kepala daerah berturut-turut dalam satu provinsi. Kemudian surat setia membangun kesetiaan, pernyataan bersedia mengundurkan diri dari jabatan TNI/Polri.

"Untuk anggota dewan, itu ada pemberitahuan kepada pimpinan DPRD dan bersedia mengundurkan diri, surat tidak sedang dicabut hak pilih dari pengadilan, dan surat tidak punya tanggungan atau utang dan surat tidak sedang pailid dari pengadilan niaga," imbuhnya.

Ia menambahkan, ketentuan yang lain yaitu membuat visi misi bakal calon. Untuk proses pengembalian berkas wajib diserahkan langsung oleh balon Walikota dan wakil Walikota yang mendaftar di Golkar.

Ketua DPD II Golkar Metro Achmad Pairin meminta hasil dari rapat koordinasi menjadi acuan Tim Penjaringan dalam melaksanakan jadwal dan ketentuan lain sesuai dengan mekanisme partai.

Sekretaris DPD II sekaligus Sekretaris tim penjaringan Golkar Kota Metro Subhan mengaku pihaknya akan melaksanakan petunjuk dan saran DPD I Partai Golkar Lampung. Dimana tim penjaringan Metro akan bekerja profesional.

"Kita terdiri dari 12 orang, dan dipastikan akan bekerja profesional penuh tanggung jawab. Karena tujuan kita adalah Golkar kembali mampu merebut kemenangan. Targetnya menang," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved