Tribun Bandar Lampung

BMKG: Musim Hujan di Provinsi Lampung Awal November

Karakteristik pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan seperti, peningkatan angin dan hujannya agak sebentar tetapi deras.

BMKG: Musim Hujan di Provinsi Lampung Awal November
Tribunlampung.co.id/Didik
Pringsewu Diguyur Hujan 10 Menit, BMKG Sebut Oktober Curah Hujan Masih Rendah 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin dan Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memprakirakan awal musim penghujan di Provinsi Lampung secara umum akan terjadi awal November 2019.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Menurutnya, awal November sekitar tanggal 1-10. Namun di akhir Oktober sudah mulai ada hujan di Lampung bagian barat seperti di Lampung Barat dan sebagian Pesisir Barat.

"Dan seperti kemarin di Bandar Lampung juga sempat hujan karena faktor lokal saja. Jadi belum dikatakan memasuki musim penghujan".

"Kalau kita lihat beberapa hari minggu ke depan ini potensinya hanya berawan saja," lanjut Rudi.

Pringsewu Diguyur Hujan 10 Menit, BMKG Sebut Oktober Curah Hujan Masih Rendah

Ia menjelaskan, faktor lokal itu luasan hujan hanya kecil. Contohnya, di Bandar Lampung hujan di sekitaran Kedaton atau di Kemiling saja. Begitu juga di Lampung Selatan hanya Natar saja hujan.

Rudi mengatakan, jelang musim penghujan ada periode pancaroba atau peralihan musim.

Karakteristik pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan seperti, peningkatan angin dan hujannya agak sebentar tetapi deras.

“Masa pancaroba itu bisa 15 hari atau satu bulan karena luasan wilayah di Provinsi Lampung sangat luas. Kalau musim penghujan durasinya kurang lebih enam bulan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved