Tribun Lampung Selatan

ASDP Masih Tunggu Rencana Penyesuaian Tarif Penyeberangan Lintas Provinsi

Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif penyeberangan lintas Provinsi.

ASDP Masih Tunggu Rencana Penyesuaian Tarif Penyeberangan Lintas Provinsi
Tribunlampung.co.id/Dedi
ASDP Masih Tunggu Rencana Penyesuaian Tarif Penyeberangan Lintas Provinsi 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif penyeberangan lintas Provinsi.

Dalam rencana penyesuaian ini akan ada kenaikan tarif sekitar 28 persen yang didasarkan atas perubahan perhitungan tarif.

Rencana adanya penyesuaian tarif penyeberangan antar Provinsi ini diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta pada Rabu (9/10) kemarin.

Terkait dengan rencana ini, humas PT. ASDP cabang Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap membenarkan tentang informasi rencana adanya penyesuaian tarif penyeberangan lintas Provinsi.

Tetapi sampai saat ini, pihak ASDP cabang Bakauheni masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kepastian dan waktu penerapan rencana penyesuaian tarif tersebut.

“Memang benar rencananya seperti. Tapi kita belum mendapatkan informasi lanjut. Terkait besaran penyesuaian serta waktu penerapannya,” kata dia kepada tribun, kamis (10/10).

Menurut dirinya, pembahasan terkait dengan rencana penyesuaian tarif penyeberangan antar Provinsi tersebut menjadi wewenang dari pihak direksi ASDP pusat, Gapasdap pusat dan Kementerian Perhubungan untuk pembahasannya.

“Nanti kalau sudah ada informasi pastinya pasti akan kita sampaikan kepada media. Karena nantinya juga akan disosialisasikan kepada pengguna jasa,” terang Saiful.

Bawa 2 Unit Fuso, 3 Pelaku Curat Nekad Curi Besi Rel Kereta Api dengan Total Berat 30 Ton

Kementerian Perhubungan pun akan melakukan uji publik untuk menampung aspirasi masyarakat selaku pengguna jasa penyeberangan antar provinsi.

Dalam penjelasannya Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan selama 16 tahun terakhir tidak ada perubahan formulasi tariff penyeberangan.

Sebut Kasus Wiranto Settingan, Putri Amien Rais Banjir Bullyan

Formulasi tarif angkutan penyeberangan antar provinsi ini diatur dalam keputusan Menteri Perhubungan Nomor : 58 tahun 2003 tentang mekanisme penetapan dan formulasi tariff angkutan penyeberangan.

Sementara untuk payung hukum untuk tariff penyeberangan diatur dalam Permenhub nomor : 30 tahun 2017 tentang tarif angkutan penyeberangan lintas Provinsi.

Sementara itu dari pantauan di pelabuhan Bakauheni. Menjelang akhir tahun 2019 ini arus angkutan penyeberangan relatif normal. Belum terlihat adanya kenaikan yang signifikan. 

Dimana setiap harinya ada sekitar 5.000 unit kendaraan berbagai jenis menyeberang ke pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni. Sementara untuk kapal ferry yang beroperasi 28-30 unit perhari. (tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved